4 Remaja Gasak Rp 45 Juta

Wakapolres Rejang Lebong bersama jajarannya saat menggelar konferensi pers Jumat (4/5) kemarin terkait keberhasilan mereka menangkap pelaku Curat.
Wakapolres Rejang Lebong bersama jajarannya saat menggelar konferensi pers Jumat (4/5) kemarin terkait keberhasilan mereka menangkap pelaku Curat.

CURUP , Bengkulu Ekspress – Meskipun masih terbilang remaja bahkan tiga dari empat pelaku pencurian masih tergolong dibawah umur, namun dalam aksinya mereka berhasil membawa kabur uang tunai sebesar Rp 45 juta.

Aksi pencurian yang dilakukan keempat remaja tersebut terjadi pada Minggu (4/2/2018) malam di toko Sembako milik H Yadi yang ada di Jalan Arif Rahman Kelurahan Pasar Baru, Pasar Atas Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu.

Setelah mendapat laporan korban, petugas langsung mengejar para pelaku, setelah dilakukan penyelidikan, kemudian petugas berhasil mengetahui keberadaan para pelaku, terlebih lagi saat menjalankan aksinya salah satu pelaku terekam kamera pengintai yang terpasang di beberapa sudut toko.

“Keempat pelaku ini berhasil kita amankan pada Rabu (2/5/2018) kemarin,” terang Kapolres Rejang Lebong AKBP Ordiva SIK melalui Wakapolres Kompol Hardinata didampingi Kasat Reskrim AKP Jery Antonius Nainggolan SIK dan Kasubag Humas AKP Rafenil Yaumil Rahman SH, saat konferensi pers Jumat (4/5/2018) kemarin.

Keempat tersangka yang berhasil diamankan tersebut adalah, EIS (21) warga Kelurahan Talang Rimbo Baru Kecamatan Curup Tengah, kemudian ZL (16) warga Curup Tengah, MH (17) warga Kecamatan Curup Timur dan OP (17) warga Kecamatan Curup Tengah.

Dari empat tersangka ini yang pertama kali diamankan adalah EIS pada Selasa dini hari di kawasan lampu merah Kelurahan Sukaraja Kecamatan Curup Timur. Kemudian dari diamankannya EIS tersebut, petugas berhasil mengamankan tiga tersangka lainnya di rumah masing-masing.

“Sebelumnya petugas kita sudah mengetahui identitas para pelaku ini, sehingga pada Selasa dini hari bertemu dengan tersangka EIS dan langsung diamankan,” tambah Wakapolres Rejang Lebong, provinsi Bengkulu.

Dijelaskan Wakapolres rejang Lebong, dari hasi pencurian dengan pemberatan yang dilakukan para tersangka, keempatnya berhasil mengambil uang sebesar Rp 45 juta, dan beberapa slop rokok.

Berdasarkan pemeriksaan petugas, dalam menjalankan aksinya tersangka Zl dan MH masuk ke dalam toko dengan cara memanjat bagian samping toko dari teras rumah warga yang bersebelahan dengan toko. Lalu, MH mencongkel jendela dengan besi behel dan masuk bersama Zi. MH naik mengambil rokok di lantai II dan memasukannya ke dalam karung. Serta memecahkan CCTV dengan besi behel.

Setelah itu, ZI turun ke lantai I dan mengambil uang Rp 45 juta di laci meja kasir serta ZI juga mengambil rokok dan mencabut CCTV dan merusak layar monitornya. Tersangka OP menunggu di atas sepeda motor di luar toko. Sedangkan EIS menunggu di dekat tong sampah sekitar 10 meter dari OP.

“Untuk keterlibatan keempat tersangka ini dalam kasus lain masih kita dalami,” terang Wakapolres.
Sementara itu, berdasarkan pengakuan para tersangka, otak dari aksi pencurian yang mereka lakukan adalah EIS. Sedangkan uang hasil pencurian tersebut mereka bagi rata dan mereka gunakan untuk kebutuhan mereka sehari-hari.

“Waktu ngambil saya gak tahu kalau uangnya sebanyak itu, karena saat ngambil saya langsung masukkan ke tas saja,” aku ZI. (251)