4 Pimpinan DPRD Provinsi Disumpah

BENGKULU, BE – Empat pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu akhirnya dilantik dalam Rapat Paripurna Istimewa pukul 10.00 WIB kemarin (14/10).  Keempat pimpinan DPRD yang dilantik ini adalah Ihsan Fajri SSos dari PDIP sebagai Ketua DPRD, H Edison Simbolon SSos MSi dari Partai Demokrat sebagai Wakil Ketua I, Suharto SE MBA dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua II dan Kurnia Utama SSos MSi dari Partai Golkar sebagai Wakil Ketua III.
Pengucapan sumpah dan janji pimpinan DPRD ini diambil oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Bengkulu, Widiono SH MH.
Dalam kesempatan itu, keempat pimpinan DPRD tersebut berjanji siap menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya, mensejahterakan masyarakat dan bersama-sama pemerintah membangun Provinsi Bengkulu. Selain itu, mereka juga berjanji akan bekerja dengan sungguh-sungguh, penuh dengan keikhlasan dan kejujuran dalam rangka menuju masyarakat Bengkulu yang berkemakmuran.
“Janji dan sumpah yang diucapkan ini harus ditepati, karena pertanggungjawabannya bukan hanya kepada masyarakat, tapi juga kepada diri sendiri dan Allah SWT,” kata Widiono.
Dalam sambutannya usai pelantikan, Ketua DPRD Ihsan Fajri mengatakan bahwa setelah sumpah dan janji itu diucapkan, maka semua tugas pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu berada di pundak mereka.
“Kami menyadari bahwa tugas dan tanggung jawab kami sebagai pimpinan dewan ini sangatlah berat, karena itu kami minta dukungan semua pihak. Karena dukungan itu kami bisa bekerja dengan baik dan  akan mencapai hasil yang baik pula,” ungkap Politisi Senior PDI-P ini.
Sementara itu, Gubernur Bengkulu H Junaidi Hamsyah SAg MPd dalam sambutannya menghaturkan ucapan terima kasih kepada penyelenggara Pemilu, karena berkat kerja keras penyelenggara Pemilu tersebut maka pimpinan DPRD Provinsi Bengkulu pun bisa dilantik.
Di sisi lain, Junaidi juga menyatakan tugas anggota dan pimpinan DPRD bukan hanya mitra yang mengawasi terhadap penyelenggaraan pemerintah daerah,  tetapi lebih dari itu. Karena anggota dan pimpinan dewan setara kedudukannya dengan pemerintah dan daerah dan memiliki tanggungjawab yang sama, yakni memajukan daerah.
“Karena itu, kita berharap anggota dan pimpinan dewan yang baru dilantik ini bisa bergandengan tangan, menjalin hubungan yang harmonis dan bermitra dengan pemerintah daerah. Dan saya yakin, pimpinan dewan kita ini memiliki itikad mulia akan menempatkan kepentingan masyarakat di atas semua kepentingan,” harap Junaidi.
Ia juga mengungkapkan, bawah kekuasaan hanya amanah yang bersifat sementara dan tidak abadi, sehingga orang yang diberikan amanah tersebut tidak boleh sewenang-wenang hanya menuruti kepentingan individu, kelompok atau golongannya saja.  “Kita harus bekekerja sesuai dengan undang-undang yang berlaku,” tukasnya.
Ikut hadir dalam pengucapan sumpah dan janji pimpinan dewan tersebut, Wakil Gubernur Bengkulu Sultan B Najamudin, Kapolda Brigjen Pol Drs Ghufron MM MSi, perwakilan dari Korem 041 Gamas, Bupati Bengkulu Tengah H Ferry Ramli MH, Bupati Kepahiang Bando Amin, para Ketua DPRD Kabupaten/kota, dan pejabat selon II jajaran Pemerintah Provinsi Bengkulu. (400)