4 Kecamatan Tak Kirim Perwakilan MTQ

LANTUNKAN : Salah seorang peserta MTQ tingkat Kabupaten Lebong ketika melantunkan ayat suci Al-Quran di depan para juri penilai.

Lebong, Bengkulu Ekspress – Tanpa kejelasan yang pasti, 4 dari 12 Kecamatan di Kabupaten Lebong, tidak mengirimkan perwakilannya dalam mengikuti seleksi MTQ tingkat Kabupaten Lebong. Yaitu Kecamatan Topos, Rimbo Pengadang, Lebong Selatan dan Pinang Berlapis. Pembukaan seleksi MTQ tingkat kabupaten dilaksanakan, kemarin (21/08) di kawasan masjid Agung Sultan Abdullah.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebong membuka 4 cabang perlombaan, yaitu tilawah Quran yang terdiri dari golongan tilawah anak-anak, remaja dan dewasa dengan total peserta sebanyak 66 orang. Selanjutnya cabang Hifzil Quran atau hafalan Quran untuk putra dan putri, katagori 10, 20 dan 30 juz dengan jumlah peserta sebanyak 25 orang. Selanjutnya katagori Fahmil Al-Quran Syarhil Al-Quran masing-masing dengan jumlah peserta 6 dan 10 peserta.

Kepala Bagian (Kaban) Kesejahteraan Sosial (Kesos) Sekretariat Kabupaten (Setkab) Lebong, Fabil Rozak SAg MPDi mengatakan, bahwa sebelumnya pihaknya telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada seluruh kecamatan.

“Dan kita minta agar setiap kecamatan bisa mengirimkan perwakilannya,” sampainya, kemarin (21/08).



 

Akan tetapi pihaknya menyayangkan bahwa masih ada kecamatan yang tidak mengirimkan perwakilannya untuk mengikuti pelaksanaan MTQ. Sehingga pihaknya mempertanyakan, tidak ikutnya peserta dari perwakilan 4 kecamatan tersebut. Apakah karena masalah keuangan atau sumber daya manusia (SDM) yang tidak dimiliki.

“Kita tidak tahu apa alasan mereka, sehingga kita mempertanyakannya kenapa tidak mengirim utusan,” ucapanya.

Dimana MTQ tingkat kabupaten merupakan ajang mencari peserta yang akan nantinya mewakili Lebong untuk tingkat Provinsi Bengkulu dan nasional. Selain itu, tidak adanya perwakilan dari 4 kecamatan menunjukan bahwa masih kurang mendukung visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Lebong yang menginginkan Lebong bebas buta huruf hijaiyah. “Selain mencari bibit, kita ingin mendukung visi dan misi bapak Bupati,” ujar Fabil.(614)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*