4 Ditangkap, 1 Ditembak

KOTA BINTUHAN, BE – Kerja keras jajaran Polres Kaur dan Polres Kepahiang patut diacungi jempol. Seperti Polres Kaur, setelah sehari sebelumnya berhasil membekuk 2 orang perampok, tim buru sergap (buser) Polres Kaur kembali berhasil menangkap pelaku kejahatan.

Kali ini 3 orang gembong pencurian kendaraan bermotor (Curanmor) yang sudah meresahkan warga Kabupaten Kaur dibekuk. Bahkan salah satu pelaku harus diberi timah panas di kakinya karena mencoba melarikan diri saat akan ditangkap.

Para pelaku dibekuk di 2 TKP berbeda. Pertama di Lemong Kecamatan Lampung Barat dan kedua di Desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal. Ketiga pelaku yang ditangkap itu masing-masing berinisial HN (25), warga Lemong, RO ( 17), warga Desa Ulak Bandung Kecamatan Muara Sahung, dan AA (19), warga Desa Air Pahlawan Kecamatan Nasal. Saat ini mereka sudah diamankan di Mapolres Kaur bersama 3 unit sepeda motor yang diduga hasil curian.

Data terhimpun, sekitar pukul 22.00 WIB kemarin malam (3/0) buser Mapolres Kaur langsung dipimpin Kasat Reskrim AKP Lumban Raja bersama Kanit 1 Brigpol Jumadil menangkap salah satu gembong curanmor kakap yakni HN (25). Pelaku terpaksa ditembak di kaki kanan oleh tim Buser, karena mencoba kabur saat hendak dibekuk di kediamanya di Lemong.

Penangkapan berawal dari informasi yang diterima polisi bahwa HN  yang selama ini sudah menjadi Target Operasi (TO) sedang dalam perjalanan dari Desa Jembatan Dua Kecamatan Kaur Selatan menuju Lemong dengan menggunakan motor hasil curian.

Tim Buser langsung bergerak dan ternyata pelaku diketahui sudah tiba di rumahnya. Polisi kemudian mengepung rumah pelaku. Ternyata pelaku mengetahui kedatangan polisi akhirnya melarikan diri melalui pintu belakang. Namun polisi tidak mau kecolongan, sehingga menembak kaki kanan pelaku. Saat sudah tertembak pelaku masih tetap bisa kabur sambil memegang kakinya. Namun bisa dikejar oleh polisi dengan sigap. Bersama dengan itu polisi berhasil mengamankan motor Yamaha Mio tanpa plat.

Sementara itu, penangkapan kedua juga terjadi sekitar pukul 01.00 WIB Kamis dinihari kemarin di kediaman AA di Desa Air Pahlawan. Awalnya polisi curiga setelah mendapat informasi dari masyarakat, bahwa banyak ditemukan alat-alat motor dan barang-barang motor yang sering dijual murah di rumah AA dan rekannya RO. Ditambah dengan adanya laporan adanya kunci T nampaknya menjadi alat untuk pencurian.

Pihak polisi langsung bergerak menuju TKP Desa Air Pahlawan. Pada saat itu RO dan AA tengah asyik ngborol di kamar sehingga tanpa perlawanan kedua berhasil dibekuk polisi. Di sana ditemukan 2 unit BB motor jenis Honda Supra X dan Supra 125 yang sudah dimodifikasi.

Kapolres Kaur AKBP Andi Kirnanda SH MH melalui Kasat Reskrim AKP Lumban Raja saat dikonfirmasi wartawan kemarin mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan pengembangan, kemungkinan ini ada komplotanya.

“Sesuai data yang ada HN memang banyak beroprasi di Kaur Selatan dan Tetap, sedangkan AA dan RO di wilayah Nasal dan Maje. Saat ini kita masih melakukan pemeriksaan pelaku curanmor,” jelasnya.

ABG Kepahiang Ditangkap

Sementara itu, jajaran Polres Kepahiang juga berhasil dalam menangkap pelaku curanmor di wilayah itu. Pelaku curanmor yang berhasil ditangkap yakni seorang anak baru gede (ABG) berinsiail HS (16), warga Batu Bandung Kecamatan Muara Kemumu yang merupakan pelaku curanmor dan diduga terlibat lebih dari 1 TKP. Keberhasilan pihak Polres ini pada saat menggelar operasi pencurian dengan pemberatan (Curat) yang dilakukan pihak Polsek Bermani Ilir Rabu (3/10) sekitar pukul 18.00 WIB.

Data terhimpun, penangkapan terhadap tsk ini bermula ketika tsk diketahui telah melakukan aksi curanmor terhadap waga Batu Bandung Hartawan (32) yang berstatus PNS Selasa (25/9) sekitar pukul 08.00 WIB bulan lalu. Dalam aski tersebut tsk berhasil membawa lari motor jenis Honda Beat dengan nopol BD 3465 GE warna merah milik korban. Pihak Polsek yang mengetahui identitas pelaku ini pun menetapkannya sebagai buruanan Polsek Bermani Ilir yang juga diback up Polres Kepahiang.

Kapolres Kepahiang AKBP Sudarno SSos MH melalui Kabag Ops AKP Resza Ramadiansyah SIK dikonfirmasi membenarkan penangkapan terhadap tsk oleh pihaknya ini.

Menurutnya, dari hasil pemeriksaan sementara dalam melakukan aksinya tsk terlebih dahulu mengintai ranmor milik korban. Pada waktu itu motor korban sedang dipanaskan di depan rumah, ketika korban masuk ke dalam rumah kesempatan itu dimanfaatkan tsk untuk melarikan motor korban.

“Dengan tertangkapnya tsk kita terus melakukan pengembangan, karena kita menduga tsk ini terlibat dibeberapa TKP dengan kasus yang sama. Apalagi modus seperti ini sudah beberapa kali terjadi,” ujar Kabag Ops sembari menjelaskan jika penangkapan tsk ini masih dalam rangka operasi curat yang digelar pihaknya sejak beberapa waktu lalu.(823/505)