4 Desa Dapat Bantuan Komputer

Bengkulu
Bakti/Bengkulu Ekspress FOTO BERSAMA: Pegawai DPAD Benteng foto bersama Kades dan pengurus perpustakaan desa penerima bantuan komputer tahun 2017.

Optimalkan Perpustakaan Desa

BENTENG, BE – Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) menggelar sosialiasi program Perpuseru Desa Replika, Selasa (8/3).
Kegiatan tersebut untuk mengembangkan seluruh perpustakaan desa terbaik yang telah tergabung dalam program perpuseru yang dipelopori Coco Cola Fondation (CCF).

Kepala DPAD Kabupaten Benteng, Drs Rustam Effendi menjelaskan, tahun 2017 ini sebanyak 4 perpustakaan desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) mendapatkan bantuan komputer. Meliputi Desa Pasar Pedati Kecamatan Pondok Kepala, Desa Tengah Padang Kecamatan Talang Empat, Desa Harapan Kecamatan Pondok Kelapa dan Desa Margo Mulyo Kecamatan Pondok Kelapa.

“Alhamdulillah, tahun ini kita berhasil mendapatkan bantuan dari hasil kerjasama bersama CCF. Setiap desa mendapatkan bantuan sebanyak 3 unit komputer,” jelas Rustam.
Ditengah kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini, pihaknya akan terus bekerja keras untuk menumbuhkan minat baca masyarakat Kabupaten Benteng. Salah satu kegiatan yang tengah gencar dilakukan adalah dengan bekerja sama dengan seluruh perpustakaan desa yang ada.

Untuk itu, Rustam meminta agar seluruh perpustakaan desa mampu untuk melakukan perubahan (berinovasi) dan kreatif dalam mengembangkan perpustakaan, terutama bagi perusahaan yang telah menerima bantuan.

“Sampai saat ini, kita memiliki sebanyak 47 perpustakaan yang tersebar di sejumlah desa se-Kabupaten Benteng,” imbuh Rustam.

Disampaikannya, berbagai dampak positif akan diperoleh setelah bergabung dalam perpuseru, selain berpeluang untuk mendapatkan bantuan berupa peralatan komputer. Kegiatan perpuseru diyakini mampu menjadi motor penggerak bagi pengurus perpustakaan agar bisa menjadi lebih baik dan bersaing dengan perpustakaan lainnya.

“Seluruh perpustakaan yang bergabung dalam perpuseru akan didesak untuk melaporkan perkembangan dan seluruh kegiatan perpustakaan. Dengan demikian, kami yakni pengelola perpustakaan akan termotivasi dan memiliki semangat untuk mengembangkan perpustakaan mereka,” pungkasnya.

Dalam kegiatan sosialisasi kemarin, DPAD Kabupaten Benteng juga mengundang seluruh Kepala Desa (Kades) penerima bantuan, pengelola perpustakaan desa, perwakilan karang taruna, PKK serta BPD masing-masing desa.(135)