4.113 SD dan SMP Kaur Siap Jalani US

Endy Yurizal

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 4.113 siswa Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat yang ada di Kabupaten Kaur, bersiap mengikuti ujian sekolah (US) tahun ajaran 2020-2021 pada Selasa (20/4) mendatang. Kepastian ini disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Endy Yurizal SP, Kamis (8/4).

“Jumlah peserta US ini merupakan rekapitulasi yang disampaikan pihak sekolah. Tahun ini tidak ada ujian nasional dan hanya ujian sekolah saja. InsyaAllah US ini kita gelar tanggal 20-23 April 2021 ini,” kata Endy, Kamis (8/4).

Dikatakan Endy, dimana ujian sekolah kertas pensil (USKP) dan ujian sekolah berbasis komputer (USBK) sebagai pengganti ujian nasional tersebut akan digelar secara serentak. Dimana dari jumlah 4.113 siswa itu terdiri dari SD dan MI 2.274 siswa dengan jumlah 135 sekolah. Sedangkan untuk tingkat SMP dan MTs itu sebanyak 1.839 siswa dengan jumlah 39 sekolah SMP. Untuk US ini sendiri rencananya akan dilaksanakan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Dalam ujian sekolah ini ada sestem kertas dan pensil dan ada menggunakan komputer dan untuk daring tidak ada semuanya tatap muka dan sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19. Untuk ujian menggunakan komputer itu tingkat SMP saja,” terangnya.

Ditambahkannya, meskipun kelulusan ujian ada di tangan sekolah, namun dalam menghadapi US yang sudah makin dekat ini, pihaknya juga mengharapkan dukungan dari orang tua, terutama turut serta membantu memberikan dorongan dan suport kepada anaknya untuk terus giat belajar. Hal ini mengingat waktu US sudah di depan mata.

“Berikan masukan dan tuntun anak-anaknya belajar, kontrol mereka, jangan sampai waktu yang tersisa ini malah tak dimanfaatkan sedemikian rupa. Juga jangan sampai saat pelaksanaan US nanti anak tidak bisa ikut US. Walaupun kelulusan ditentukan sekolah, tapi kalau anaknya malas bisa saja tidak lulus,” tandasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*