398 Calon PPK Tes Tertulis

MEDI/BE
Calon PPK saat mengambil nomor untuk tes tertulis di KPU Kota Bengkulu, kemarin (29/1).

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Pagi ini, sebanyak 398 calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Bengkulu melakukan ujian tertulis di Aula IAIN Bengkulu. Ketua KPU Kota Bengkulu, Martawansyah menjelaskan, sebelum tes dimulai, para peserta akan diregistrasi kembali sesuai dengan nomor ujian yang telah diambil kemarin. Ia pun meminta seluruh peserta untuk membawa kelengkapan alat tulis seperti pensil dan pulpen, dan berpakaian rapi serta memakai sepatu.

“Peserta wajib hadir di lokasi paling lambat 30 menit sebelum tes dimulai, dan wajib mengikuti tata tertib yang telah ditentukan panitia,” ujar Martawansyah, kemarin (29/1).

Masing-masing peserta akan menjawab sebanyak 60 butir soal yang telah disiapkan oleh panitia. Soal tersebut berupa pilihan ganda dengan waktu 90 menit. “Kita bagikan kertas soal dan jawaban dan peserta silahkan mengisi identitas dan mengisi jawaban sesuai dengan pengetahuannya,” jelasnya.

Menurut Martawansyah, soal yang sudah dirancang tersebut akan sangat mudah diisi jika calon PPK ini memiliki wawasan yang luas mengenai kepemiluan, Peraturan KPU, Undang-undang Pilkada, serta tugas dan wewenang PPK. Dalam setiap butir soal memiliki nilai tersendiri untuk mengetahui kemampuan akademik calon PPK ini.

“Sebelumnya kita sudah membedah soal ini sesuai dengan ketentuan, sehingga tidak akan jauh dari masalah kepemiluan,” ungkapnya. Hasil tes tertulis ini akan diumumkan sekitar tanggal 5 Februari mendatang dan disusun berdasarkan rangking, pengumuman akan ditempel di kantor KPU dan melalui website KPU Kota Bengkulu.

Untuk nama-nama yang masuk ranking 10 besar per kecamatan akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Sedangkan rangking 11 ke bawah dianggap gugur. “Tahap wawancara kita tentukan 5 besar yang dianggap layak, kemudian ditetapkan melalui pelantikan,” pungkasnya. (805)