380 Calon Penerima Program Kios Sekundang Diverifikasi

Herman Sunarya SH MH

KOTA MANNA, bengkuluekspress.com – Program kios sekundang dalam waktu dekat segera diluncurkan. Saat ini calon penerima program tersebut sedang diverifikasi. Hal itu untuk memastikan apakah mereka layak atau tidak ikut program tersebut.

“Calon sedang diverifikasi, total calon penerima program ada 380 orang,” kata Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Mikro (Disperindagkop dan UKM) Bengkulu Selatan (BS), Herman Sunarya SH MH.

Dikatakan Herman, untuk melakukan verifikasi ini, pihaknya melibatkan lembaga perbankan. Sebab nantinya pinjaman modal usaha melalui pihak Bank. Perlunya verifikasi ini, untuk melihat keseriusan para calon peserta program kios sekundang tersebut.

Jangan sampai nanti, setelah pinjaman modal usaha disalurkan, ternyata mereka tidak serius menjalankan program. Sedangkan mereka diberikan kemudahan yakni hanya mengembalikan pinjaman pokok, sedangkan bunganya disubsidi dan Pemda BS yang tanggung.

“Adanya program ini agar warga BS bisa memiliki usaha dan mereka bisa mandiri,” imbuhnya.

Adapun besaran pinjaman modal, sambung Herman tergantung dengan warga itu sendiri. Sebab mereka bisa mendapatkan pinjaman Rp 25 juta bahkan bisa lebih dari Rp 100 juta.

“Untuk pinjaman modal tidak ada batasannya, nanti pihak Bank bisa melihatnya di lapangan,” beber Herman.

Dijelaskan Herman, program ini sangat bagus. Sebab banyak keuntungan yang didapat warga dengan program kios sekundang. Diantaranya bagi yang sudah punya warung akan di upgrade design, display dan sistem digitalisasi. Bagi yang baru mau buka akan dibantu agar mimpi untuk punya usaha bisa terwujud. Serta bagi yang belum punya modal akan difasilitasi dengan modal usaha dari perbankan.

“Insya Allah secepatnya program ini diluncurkan,” demikian Herman. (369)







    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*