38 Gereja Rayakan Natal

SUKARAJA, BE-Dari sebanyak 44 gereja yang ada di Kabupaten Seluma yang terdiri dari 8 denominasi, kemarin menggelar perayaan Natal 25 Desember 2012 dengan khimad. Gereja yang ada di Kabupaten Seluma saat ini sebanyak 44 unit. Namun, sebanyak 2 unit gereja yang ada tak menggelar perayaan karena jemaatnya minim.

Umat kristiani dapat menjalankan ibadah perayaan natal dengan nyaman, tak ada gangguan suatu apapun.
Ketua Badan Kerjasama Antar Gereja (BKS-AG) Kabupaten Seluma, Pdt Effendi Manalu S STh membenarkan perihal tersebut. Dijelaskannya, perayaan natal di gereja-gereja di Seluma sudah dimulai sejak tanggal 4 Desember lalu. Namun, perayaan natal secara besar di masing-masing gereja dilakukan kemarin. Terkait 2 gereja yang tak merayakan ibadah natal tersebut, katanya jemaat digabungkan dengan gereja lainnya sehingga hanya 38 gereja yang melakukan perayaan.

”Kita merayakan natal dengan khimad, karena tolerasi beragama dan berkeyakinan masyarakat kita di Seluma ini sangat baik,” katanya.
Sementara itu, pengawalan perayaan natal oleh aparat kepolisian di Seluma sendiri tergolong longgar. Namun demikian, tak ada gangguan kamtibmas yang timbul dalam pelaksanaan kebatian ibadah natal itu. Hal tersebut, karena pengaruh positif budaya masyarakat Seluma terutama suku Serawai, Jawa dan berbagai suku lainnya yang ada di Seluma memiliki kesadaran saling menghormati satu sama lainnya. (444)