37 Peserta UN SMP Gagal, 3 Susulan

wabup sidak UN smp 2015KOTA, MANNA, BE- Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Bengkulu Selatan (BS), Ahmat Waif MM melalui Kasi Kurikulum Bidang Dikdas, Apindi SPd menyatakan, pada pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMP/sederajat yang dimulai kemarin, ternyata ada ada 40 siswa yang tidak masuk.

Menurut Apindi, dengan tidak masuknya ke-40 siswa tersebut, maka jumlah peserta UN dihari pertama berkurang dari jumlah peserta 2.983 menjadi 2.943 siswa. Adapun ke-40 siswa yang tidak masuk tersebut dengan rincian, 37 siswa dari berbagai sekolah sudah dinyatakan drop out (DO) dan 3 orang lagi sakit.

“Ketiga siswa yang sakit itu semuanya siswa SMA Pertiwi. Mereka sudah menyampaikan surat pemberitahuan. Sehingga mereka bisa ikut UN susulan,” ujar Apindi.

UN hari pertama kemarin hanya diujikan satu mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia. Dari pantauan BE di lapangan, UN berjalan lancar dan aman. “Untuk hari pertama UN, tidak ada kendala, untuk UN hari kedua besok (hari ini red) UN mata pelajaran matematika,” terang Apindi.

Sementara itu, Wakil Bupati Bengkulu Selatan (BS), Dr drh Rohidin Mersyah MMA saat menggelar inspeksi mendadak (sidak) atau pemantauan ke sekolah-sekolah kemarin, dirinya mengharapkan agar para siswa lebih berhati-hati dalam menjawab soal UN. Sehingga jawaban benar dan nantinya dapat melanjutkan ke sekolah SMA favorit.

“Kepada siswa saya harapkan dapat fokus dan lebih teliti dalam menjawab soal UN agar jawabannya benar dan lulus dengan nilai tinggi sehingga dapat masuk ke sekolah lanjutan favorit,” harap Rohidin. (369)