351 Sekolah UNBK

Ilustrasi UNBK
Ilustrasi UNBK

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, telah mendapatkan data sekolah penyelenggara Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Berdasarkan data yang masuk ke panitia UN, sekolah yang menerapkan sistem UNBK tahun ini berjumlah 351 unit sekolah jenjang SMA/SMK/MA se-Provinsi Bengkulu.

”Rincianya 287 Sekolah menyelenggaran UNBK mandiri dan sisanya 64 sekolah bergabung ke sekolah lain,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu Drs H Budiman Ismaun M.Pd melalui Sekretaris UN Syaiful.

Sekolah jenjang SMA/SMK/MA yang melaksanakan UNBK tersebut sebagian telah menyampaikan pernyataan sikapnya dan diharapkan tidak mundur dengan alasan apapun. Rencananya pada 30 Januari 2018, sekolah tersebut mengikuti simulasi UNBK secara nasional.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Bengkulu, telah melakukan sosialisasi pelaksanaan UNBK. Dengan cara mengumpulkan seluruh pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) jenjang SMA,SMK dan Kepala Dinas Dikbud kabupaten/kota.

Syaiful menegaskan, saat ini Dinas Dikbud Provinsi Bengkulu fokus terhadap sekolah penyelenggara UNBK. Meski begitu ia tidak menampik masih adanya sekolah yang masih menggunakan sistem Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNKP).

“Ya masih ada, tapi sekarang belum direkap berapa sekolah yang menggunakan sistem UNKP itu,” terangnya. (247)