351 Box Soal UNKP SMP di Bengkulu Tiba

Ujian-Ilustrasi-Agoes-Rudianto
Foto : IST

BENGKULU, bengkuluekspress.com – Naskah soal Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) jenjang SMP/SMPLB tiba di Bengkulu, sekitar pukul 21.30 WIB, Rabu (11/4), di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Provinsi Bengkulu. Soal yang dibawa dengan menggunakan mobil box milik PT Pos itu mendapat pengawalan dari polisi.

Kepala Disdikbud Provinsi Bengkulu, Drs. Budiman Ismaun M.Pd melalui Sekretaris Panitia Ujian Nasional (UN) Syaiful menuturkan, “Prosedur tetap (protap) pendistribusian soal dari percetakan ke daerah sama dengan tahun lalu, yaitu soal dikawal polisi.”

Soal baru dibongkar tim panitia UN Disdikbud Provinsi Bengkulu, pada Kamis pukul 10.00 WIB untuk selanjutnya diamankan di gudang Disdikbud. Dari dalam truk naskah soal diturunkan oleh tukang panggul untuk dipindahkan ke dalam gudang yang telah disiapkan di Disdikbud, dan soal langsung disortir dengan pengawasan polisi.

Naskah soal kali ini lebih sedikit dibanding tahun lalu. Sedikitnya ada 351 box soal UNKP yang diterima panitia UN Disdikbud. Box soal itu terdiri dari 332 box soal utama dan 8 box soal susulan SMP. Kemudian ada 6 Box soal SMPLB dan 5 box soal susulan SMPLB. Box soal tersebut telah tersusun rapi sesui dengan nama kabupaten/kota.

Pembagiannya antara lain, untuk Kota Bengkulu sebanyak 69 box. Terdiri 65 box soal utama, dan satu box soal susulan. Selanjutnya, 2 box soal SMPLB dan satu box soal SMPLB, Bengkulu Utara 2 Box soal utama dan susulan untuk SMPLB, Rejang Lebong 58 box terdiri 57 box soal utama 1 box soal susylan, Bengkulu Selatan 28 box terdiri 25 box soal utama, 1 boz soal susulan dan 1 box soal utama dan soal susulan SMPLB. Seluma sebanyak 57 box, yaitu 56 soal utama SMP satu box soal susulan. Kaur 38 box terdiri 35 box soal utama SMP satu box soal susulan dan masing-masing satu box soal utama dan soal susulan SMPLB. Mukomuko 39 box terdiri 38 soal utama dan satu soal susulan SMP, Kepahiang 33 box, terdiri 30 box soal utama SMP dan satu box soal susulan serta maisng-masing satu box soal utama dan soal susulan SMPLB, dan Bengkulu Tengah sebanyak 27 box, terdiri dari 26 soal utama dan satu box soal susulan SMP.

“Jumlah box soal tahun ini banyak berkurang dibanding tahun lalu, karena lebih dari 50 persen pelaksanaan Ujian nasional tingkat SMP sudah berbasis Komputer, khususnya di Kabupaten Lebong dan Bengkulu Utara. Di sana seluruh SMP telah berbasis Komputer terkecuali SMPLB, ” jelas Syaiful.

Naskah soal ini disimpan selama 12 hari di gudang. Pendistribusian naskah soal ke daerah baru dilaksanakan pada H-2 pelaksanaan UN jenjang SMP/SMPLB pada 22 April, paska pemilihan umum.

Pelaksanaan UNKP tahun ini hanya diikuti 12.489 siswa dari 223 SMP dan 8 SMPLB yang tersebar di delapan kabupaten/kota di Provinsi Bengkulu. Yaitu, Kota Bengkulu, Bengkulu Tengah, Seluma, Mukomuko, Kepahiang, Rejang Lebong, Kaur, dan Bengkulu Selatan.

Kemudian, pelaksanaan UNBK se-Provinsi Bengkulu, diikuti 17.054 siswa yang tersebar di 313 sekolah. Khusus dua kabupaten, yaitu kabupaten Lebong dan kabupaten Bengkulu Utara pelaksanaan Ujian Nasional tingkat SMP tahun 2019 sudah 100% berbasis Komputer. Saat pelaksanaan UNBK nanti, rata-rata UN di sekolah di dua kabupaten itu berlangsung selama tiga sesi. (247)