35 Anak Penyu Dilepas

lepas 35 penyu
IST/Bengkulu Ekspress
LEPAS: Sekretaris Distan Bengkulu Selatan melepas anak-anak penyu bersama panitia kegiatan, Selasa (24/7).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress– Menjelang penutupan acara pekan daerah (PEDA) kontak tani dan nelayan andalan (KTNA) Ke-16 tingkat Provinsi di Bengkulu Selatan (BS) kemarin. Dinas Pertanian Bengkulu Selatan melepas anak-anak penyu ke air laut di pantai pasar bawah, Pasar Manna.

“Anak penyu yang kami lepas sebanyak 35 ekor,” kata Kepala Dinas pertanian Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip SP MSi melalui Sekretarisnya, Haroni SP.

Haroni mengatakan, ke-35 anak penyu yang dilepas pemberian dari peserta KTNA kabupaten Muko-Muko. Anak penyu tersebut usai dipamerkan di stand KTNA Muko-Muko, kemudian oleh mereka diserahkan ke panitia untuk dilepas. Lalu panitianya melepas ke pantai pasar bawah.



“ Penyu ini sengaja kami lepas di kawasan pantai pasar bawah dan berharap ada sebagian yang mau bertelur dan berkembang biak di sekitaran pantai pasar bawah,” ujarnya.

Haroni menjelaskan, setelah dilepas, anak-anak penyu tersebut akan bergerak bebas di samudera hindia, meskipun dilepas di Bengkulu Selatan ada kemungkinan anak-anak penyu itu sampai ke daerah lain dan berkembang biak. Namun dirinya berharap ada juga yang kembali ke perairan pantai pasar bawah, hingga berkembang biak.

Dengan adanya pelepasan anak penyu ini, dirinya berharap agar warga dapat bersama-sama menjaganya. Sehingga penyu-penyu tersebut dapat terus berkembang biak. “ Mari kita jaga dan lestarikan agar penyu-penyu ini bisa terus berkembang biak,” harap Haroni. (369)