3,4 Juta Jemaah Haji Menjalankan Wukuf di Padang Arafah

Sebanyak 3,4 juta orang berkumpul di Arafah, memanjatkan doa dan meminta ampunan yang Maha Kuasa, dalam puncak ibadah haji yang jatuh pada Kamis, 25 Oktober 2012. Ribuan aparat keamanan dan tim medis yang diturunkan pemerintah Arab Saudi mampu menjaga situasi tetap aman dan tertib dalam nuansa yang sarat spiritualitas itu.

Seperti diberitakan Arab News, Jumat 26 Oktober 2012, lautan putih manusia telah berkumpul di Jabal Rahma atau Gunung Pengampunan, tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu terakhirnya 14 abad lampau. Mereka mendaki gunung, duduk-duduk dan berdiri seraya menengadahkan tangan ke udara, berdoa.

Terletak sekitar 15 kilometer sebelah timur Mekkah, Arafah menggema dengan suara “Labbaik Allahumma Labbaik” (Hamba datang memenuhi panggilanmu, ya Allah). “Saya tidak bisa menggambarkan perasaan saya berada di Arafah untuk pertama kalinya. Sangat menakjubkan,” kata Rayees Nomani, 63, satu dari 170.000 jemaah haji asal India.

“Saya meminta ampun kepada Allah dan untuk kemenangan umat Muslim di seluruh dunia. Saya berdoa untuk persatuan dan kemajuan Ummat,” kata Nomani lagi.

Beberapa jemaah terlihat menitikkan air mata, penuh keharuan. “Ya Allah, berkahi saya dan orang-orang yang saya cintai kesehatan, pengampunan dan hindarkan kami dari api neraka,” doa Asif Kamal, jemaah asal Pakistan, terdengar oleh jemaah lainnya. Air mata mengalir deras di pipinya.

Sementara itu, ribuan polisi di Arafah menjaga agar tetap tertib. Mereka dibantu oleh pengawasan dari helikopter yang berputar-putar di atas para jemaah. Air disemprotkan ke arah jemaah karena cuaca sangat panas, mencapai 37 derajat celcius.

Kendati demikian, tim medis yang disiagakan mengaku tidak menemukan kasus berarti terkait kesehatan para jemaah.

Wukuf di Arafah dianggap sebagai salah satu tahapan paling penting dari ibadah haji. Di tempat ini, jemaah bertahan sampai sore sebelum menuju Muzdalifah dan bermalam di tempat ini. di wilayah yang terletak antara Mina dan Arafah ini, para jemaah akan mengumpulkan batu untuk tahapan melempar jumroh di Mina.

Pemerintah Saudi mengatakan bahwa tahun ini jemaah haji dari dalam dan luar negeri mencapai 3,4 juta orang. Dari luar negeri Saudi, tercatat 1,75 juta jemaah.(**)