34 ASN Bengkulu Bolos Dihari Pertama Masuk Kerja

Bengkulu, Bengkuluekspress.com – Sebanyak 34 Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Provinsi Bengkulu atau 2,30 persen bolos dihari pertama masuk kerja Senin (10/6/19), setelah libur Lebaran 2019. Data ini diketahui saat tim gabungan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Senin, (10/6) di beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) jajaran Pemprov Bengkulu. Tak diketahui alasan ketidakhadiran ASN itu.

“Ada 34 orang ASN yang tidak masuk tanpa keterangan, data yang didapat merupakan data dari kepala OPD masing,” terang Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Bengkulu, Murlin Hanizar kepada Bengkuluekspress.com.

Dari 34 ASN yang bolos kerja, paling banyak dari Dinas PUPR sebanyak 15 orang tanpa keterangan. Kemudian, ada beberapa ASN yang tidak masuk lantaran cuti alasan penting antara lain sedang cuti melahirkan dan mendampingi istri sakit parah sebanyak 72 orang, dinas dalam kota 17 orang dan 3 orang luar di Sekretariat DPRD Provinsi Bengkulu Ada juga yang sedang dalam pendidikan.

Hasil yang disampaikan merupakan kerja tim dari Satpol PP, Isepktorat, dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Laporan lengkap disampaikan nantinya ke Gubernur Bengkulu untuk memberikan sanksinya terhadap ASN yang bolos tanpa keterangan.

“Nantinya BKD juga menyampaikan laporan tersebut ke Kememterian Pemberdayaa. Aparatur Negara Birokrasi Reformasi (Kemen-PAN RB) melalui online paling lambat pukul 15.00 WIB,” tandasnya.

Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah mengatakan, meski jumlah ASN bolos terbilang sedikit dia memastikan bakal memberikan sanksi pada ASN bolos tersebut.Sanksi yang diberikan sesuai Pasal 3 angka 17 Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil. Bila perlu tunjangan kinerjanya dipotong. “Tentu bagi mereka yang tidak (hadir) ada sanksinya nanti sesuai ketentuan yang ada. Mulai dari ringan, itu PP 53 tahun 2010. Kita mengikuti itu saja dan bila perlu dipotong Tukinnya,” ujar Gubernur.

Rohidin juga menyampaikan terima kasih pada jajarannya yang tetap bertugas di hari raya Idul fitri. Mereka petugas dibidang kesehatan, kebersihan, dan keamanan. “Terima kasih seluruh jajaran yang selama musim liburan kemarin tetap bekerja khususnya di bidang kesehatan dan kebakaran yang tidak mengikuti libur atau cuti bersama mereka bertugas,” pungkas Rohidin.

Tadi pagi, mantan wakil Bupati Bengkulu Selatan ini menggelar halal bi halal di lapangan Apel Pemprov Bengkulu. Halal bi halal diikuti ratusan ASN yang bekerja di lingkungan pemerintah provinsi Bengkulu, FKPD serta Bupati dan walikota seprovinsi Bengkulu. (HBN)

Berikut daftar ASN di OPD pemerintah Provinsi Bengkulu yang bolos kerja,:

– Biro Administrasi Pembangunan 1 orang
– Biro Organisasi Setda Provinsi Bengkulu 1 orang
– Sekretariat DPRD provinsi Bengkulu 1 orang
– Dikbud 1 orang
– Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan 2 orang
– Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan 2 orang
– Disperindag 1 orang
– Dinsos 1 orang
– Dinas Kominfo 1 orang
– Dinas TPHP 1 orang
– Dinas PUPR 15 orang
– Dinas Dukcapil 1 orang
– Dinas ESDM 2 orang
– Dinas Kesehatan 1 orang
– Bapeda 1 orang
– BPBD 1 orang
– Rumah sakit M. Yunus 1 orang