323 Siswa Luar Daftar PPDB

RIO-SUASANA PPDB DIKNAS KOTA (5)BENGKULU, BE – Dihari kedua (2/7 penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun pelajaran 2013/2014, kemarin, tercatat sebanyak 323 siswa dari luar kota Bengkulu telah mendaftarkan diri ke Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Bengkulu. Dari jumlah tersebut 85 orang (SMP/Lulusan paket A) dan 238 orang (SMA/SMK/Lulusan Paket B). Jumlah ini merosot dari tahun sebelumnya, yang hampir mencapai seribu pendaftar.
Ketua PPDB Kota Bengkulu, Rodiyanti S.sos mengatakan sebagian besar calon siswa dari luar kota ini berasal dari dalam Provinsi Bengkulu, tapi tak sedikit juga berasal dari luar Provinsi Bengkulu, seperti Yogjakarta, Jakarta dan Bandung. Diperkirakan jumlah ini masih bertambah hingga hari terakhir pendaftaran. Namun hal itu tak perlu dirisaukan, mengingat kouta yang tersedia cukup banyak, yaitu 8.220 orang terdiri dari 4.469 (SMP), 2.075 (SMA) dan 1.1676 (SMK).
”Selain itu, kalau siswa kita nilainya tinggi tidak usah khawatir dengan siswa luar Kota. Karena seleksi dilakukan transparan,” jelasnya.
Sesuai dengan peraturan walikota No. 11 tahun 2013 tentang petunjuk pelaksanaan PPDB, ada pengurangan nilai akhir bagi siswa yang berasal dari luar kota sebesar 2,50. Oleh karena itulah, peluang siswa kota Bengkulu untuk mendapatkan sekolah dikota kelahirannya sendiri lebih besar.
Khusus calon siswa luar itu sebelum mendaftar secara online, mereka harus terlebih dahulu mendatangi Dispendik Kota Bengkulu untuk mengambil blangko pendaftaran. Ditahapan ini, Tim PPDB Kota Bengkulu mengurangi secara otomatis nilai siswa tersebut. Nilai dari hasil pengurangan inilah yang nantinya dimasukkan kedalam data base PPDB. Sehingga pada saat pendaftaran siswa itu, telah menggunakan nilai hasil pengurangan tersebut.

Update
Ingin mengetahui hasil PPDB kota Bengkulu selain datang langsung kesekolah yang dituju. Orang tua siswa juga dapat mengupdate langsung hasilnya melalui internet dan sms. Cara ini upaya Dispendik agar peserta dapat mengetahui hasil PPDB setiap saat. Dengan bukti nomor pendaftaran yang telah dikeluarkan oleh operator sekolah. Pendaftar bisa memantau hasilnya melalui https://bengkulu.siap-ppdb.com yang kemudian dilanjutkan dengan memasukkan nomor bukti pendaftaran pada menu. Sedangkan akses layanan SMS PPDB dengan cara mengirimkan pesan singkat (SMS) dengan format PPDB<spasi>NomorPendaftaran. Nomor Pendaftaran adalah nomor yang diperoleh setelah proses pendaftaran dan tercetak pada tanda bukti pendaftaran siswa. Contoh pengiriman PPDB<spasi>30010900001 dapat diakses melalui seluruh operator dikirimkan SMS ke 3949 dengan tarif Rp 1000/reply.

Kosong
Sementara itu, dari hasil PPDB diketahui SMPN 23 masih kosong pendaftar. Disekolah yang letaknya dikawasan Bangkahan ini, jumlah kuota bangku yang tersedia untuk 33 siswa. Selain itu, SMKN 2 pada jurusan Tehnik Konstruksi Kayu juga masih kosong. Dijurusan ini siswa yang diterima sebanyak 30 orang. Mengingat peluang di 2 jurusan ini masih banyak, diharapkan bagi calon siswa yang belum mendaftar dapat memilih sekolah tersebut.

Tertinggi
Sementara itu dari hasil data statistik PPDB SMP, SMA dan SMK jalur reguler dikota Bengkulu. Nilai tertinggi masih berada di SMPN 1 (29,100), SMAN 5 (37,100) dan SMKN 3 jurusan (34,700) (Lengkap baca tabel,red). Data ini akan berubah setiap harinya, hingga tanggal 5 Juli mendatang. (128)