32 Peserta Tes Magang ke Jepang Gugur


Disnakertrans Kabupaten Benteng menggelar sosialisasi tentang program magang ke Jepang beberapa waktu lalu.

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Sebanyak 32 orang peserta seleksi magang ke Jepang asal Kabupaten Benteng dinyatakan gugur.

“Penjaringan peserta untuk mengikuti program magang ke Jepang sangat ketat. Sebelum melakukan tes sesungguhnya, Disnaker Provinsi terlebih dahulu menggelar ujian percobaan. Alhasil, sebanyak 32 orang dinyatakan gugur,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Benteng, Masdar Helmi SSos MM, kemarin (29/8).

Secara keseluruhan terdapat sebanyak 48 orang warga Benteng yang telah mendaftar secara resmi di Disnakertrans Kabupaten Benteng. Diharapkan, seluruh peserta bisa mempersiapkan diri dan menjadikan tes percobaan sebagai motivasi. “Tes percobaan bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada peserta bahwa panitia akan melakukan penjaringan secara selektif. Siapa yang tidak siap dan tak memiliki kemampuan akan gugur,” tegasnya.



 

Saat ini, beber Masdar, para peserta magang ke Jepang sedang mengikuti pendidikan dan pelatihan (Diklat) di tingkat Provinsi Bengkulu. Hal ini dimaksud untuk menambah kemampuan dan wawasan peserta.

“Tes magang ke Jepang akan digelar pada bulan September 2019. Saat itu, tim dari Jepang akan langsung terlibat dalam proses seleksi. Sebab itulah, peserta harus benar-benar siap,” jelasnya.

Sesuai dengan ketentuan, Pemerintah Daerah (Pemda) melalui Disnakertrans Kabupaten Benteng hanya memiliki kewenangan sebatas sosialisasi dan pendaftaran. Untuk pelaksanaan seleksi dan penentuan peserta yang berangkat kewenangan dari Pemprov. “Kami harap semua peserta asal Kabupaten Benteng bisa berangkat semua. Sehingga, mereka bisa mendapat tambahan pengalaman serta penghasilan yang bisa memuaskan,” harap Masdar.(135)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*