304 Bidan Bertugas di Seluma

304 Bidan Bertugas di Seluma
304 Bidan Bertugas di Seluma

TAIS, Bengkulu Ekspress – Saat ini kebutuhan tenaga bidan di lingkungan Kabupaten Seluma, telah tercukupi. Saat ini bidan yang diangkat Kementerian Kesehatan, serta berstatus sebagai Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) ada sebanyak 118 orang.

Ditambah lagi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma merekrut bidan kontrak daerah sebanyak 186 orang diawal 2018. Jumlah bidan secara keseluruhan di Bumi Serasan Seijoan ini sebanyak 304 orang. Mereka semua ditugaskan di 202 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Seluma.

“Jika dikatakan kekurangan, maka masih tetap kekurangan. Meski begitu, dengan jumlah tenaga yang ada kita sudah mencukupi,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Seluma Chaidir Muchtar SSos didampingi Sekretaris Rudi Sawaludin Ssos kepada Bengkulu Ekspress.

Bidan desa sebanyak 304 orang tersebut, selain memenuhi tenaga di setiap desa dan kelurahan. Mereka juga ditugaskan di 22 pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) yang ada. Jadi setiap puskesmas di Kabupaten Seluma sudah ditempati tenaga bidan lebih dari dua orang. Mereka melayani keperluan dan kebutunan kesehatan di Kabupaten Seluma.

“Untuk bidan tenaga kontrak sebanyak 186 orang mereka diberikan gaji Rp 1 juta setiap bulannya. Mereka sudah diperpanjang kontraknya sejak awal 2018 kemarin,” katanya.

Bidan desa tenaga kontrak daerah diperpanjang kontraknya setelah ada surat rekomendasi dari kepala desa. Bahwa bidan yang bersangkutan selama setahun ini bekerja dengan baik, serta menetap di wilayah tugas mereka. Namun ada juga yang diberhentikan, karena sering meninggalkan tugas.

“Kita menggunakan tenaga kontrak yang benar-benar bekerja, bukan hanya sekali-kali saja bertugas di desa yang sudah di tempatkan,” imbuhnya

Ditambahkan, mereka yang ditugaskan Dinas Kesehatan menjadi tenaga bidan kontrak daerah merupakan tenaga bidan yang memenuhi syarat. Sudah mempunyai surat izin berupa surat tanda registrasi (STR). Kemdian untuk tenaga dokter di Kabupaten Seluma saat ini. Sekretaris Dinkes mengatakan Seluma juga menerima program dokter pegawai tidak tetap (PTT) sebanyak enam orang. Mereka ditugaskan di Puskesmas Talang Tinggi, Puskesmas Rimbo Kedui dua orang dokter, Puskesmas Cahaya Negeri, Dermayu dan Puskesmas Puguk.

“Untuk tenaga dokter, melalui program Pemerintah RI sudah ditugaskan sebanyak enam orang di tempatkan di lima puskesmas di Kabupaten Seluma. Sementara puskesmas yang masih kosong belum ada dokternya saat ini seperti Puskesmas Ilir Talo, Sukamerindu, Penago, Muara Maras, RGM serta Puskesmas Ulu Talo,” katanya. (333)