3000 Siswa Seleksi POP Dispora

BENGKULU, BE – Upaya memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat terus digencarkan.  Kemenpora RI bekerjasama dengan Dispora Provinsi Bengkulu menggelar Pekan Olahraga Pendidikan (POP) dalam rangkaian peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-31, kemarin.
Bertempat di lapangan sepak bola PS Buana Samudera Pantai Panjang Bengkulu, 3000 siswa tingkat SMP dan SMA se-Kota Bengkulu mengikuti kompetisi sekaligus wadah seleksi invitasi olahraga tradisional yang akan digelar secara nasional 2015 mendatang.
“Kami sangat mendukung kegiatan seperti ini dan harapannya kegiatan semacam ini bisa menular ke kota-kota lainnya,” ujar Asdep Olahraga Pendidikan Kemenpora RI Drs Arman MPd, saat membuka acara bertajuk Fasilitasi Penyelenggaraan POP tersebut.
Disampaikannya, kegiatan POP yang ada di Bengkulu ini merupakan program perdana yang disasarkan pada civitas akademika tingkat sekolah.  Dari Kemenpora sendiri, jenis olahraga yang dilombakan dibebaskan sesuai dengan potensi daerah tersebut.
“Kita memang gencar-gencarnya menggiatkan olahraga, visi kita adalah olahraga menjadi budaya di tengah masyarakat,” sampainya.
Senada disampaikan Kepala Dispora Bengkulu Drs Maizuardi MPd, kegiatan olahraga massal dan tradisional ini diharap bisa menjadi satu olahraga alternatif di sekolah-sekolah.   Menurutnya, olahraga tradisonal secara ilmiah berdampak sangat luas dan tidak hanya terikat pada tujuan kesehatan semata dibanding olahraga komersil yang berkembang dewasa ini.
“Setelah diteliti ternyata olahraga tradisional ini manfaatnya besar sekali, karena melibatkan banyak orang sehingga dampak sosial dan keakraban juga terbentuk melalui olahraga semacam ini,” katanya.
Dipilihnya olahraga tradisional sendiri bukan tanpa alasan. Maizuardi menerangkan Dispora memang sedang menggencarkan jenis olahraga yang satu ini. Sebelumnya, Dispora telah memberikan Diklat olahraga tradsional kepada para guru olahraga. Dilanjutkan dengan pendistribusian sarana prasana olahraga.
“Sekarang ini saatnya para siswa kita kompetisikan, nanti yang terbaik akan kita bina untuk kita kirim ke tingkat nasional,” sampainya.
Turut hadir dalam kegiatan tersebut unsur SKPD Provinsi dan Kota Bengkulu dalam kegiatan yang diikuti oleh 75 SMP dan SMA yang ada di Kota Bengkulu. Sebelum melakukan perlombaan, 3000 siswa yang berasal dari 75 SMP dan SMA tersebut melakukan jalan santai dan senam SJK 2012 secara massal.
Para peserta yang berhasil menjadi juara pada kompetisi ini juga berhak membawa pulang trophy serta uang pembinaan dari Dispora. Untuk juara I terompah panjang akan membawa pulang Rp 1 juta, juara II Rp 600 ribu, dan juara III Rp 400 ribu. Sementara untuk juara I engrang Rp 350 ribu, juara II Rp 250 ribu, dan juara III 150 Rp ribu. (609/krn)