300 PNS Kaur Ikuti Ujian Dinas

KOTA BINTUHAN, BE- Sebanyak 200 Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Kaur akan mengikuti ujian dinas. Ujian dinas terdiri atas tiga ujian yang berbeda yakni pertama ujian bagi PNS yang hendak menyesuaikan ijazah, kemudian ujian dinas tingkat 1, dan ujian dinas tingkat 2.

Ujian penyesuaian ijazah merupakan ujian yang ditempuh PNS yang masuk PNS dengan berbekal ijazah SMA, D1 atau D3. Setelah menjadi PNS mereka kemudian kuliah lagi dan saat ini telah mendapatkan ijazah S1 atau sarjana. “Mereka yang masuk dari SMA dan D1 kemudian sekarang memiliki ijazah S1 maka golongannya akan naik dari II/a menjadi III/a. Sementara yang berbekal ijazah D3 menjadi S1 maka golongan kepangkatannya bisa naik dari golongan II/c ke III/a. Namun syaratnya harus lulus ujian,’’ ujar Kepala BKD Kaur Drs Rolan Haidi.

Di samping itu, untuk ujian dinas tingkat 1 yaitu PNS yang sudah memiliki golongan II ingin naik ke golongan III namun tak melalui penyesuaian ijazah. Sedangkan ujian tingkat II dari golongan III naik kegolongan II, sama juga tidak melalui ijazah. “Karena ujian tingkat 1 dan II mereka sudah memiliki ijazah, namun ingin naik ke golongan yang lebih tinggi tetap harus melalui proses ujian,” jelasnya.

Untuk sementara ini, jumlah peserta ujian penyesuaian yang masuk masih sekitar 200 PNS. Pendaftaran masih dibuka. Kepada peminat silahkan segera mengumpulkan berkas ke BKD Kaur. ‘’Perkiraan kami, masih banyak PNS di daerah ini yang akan mengikuti ujian ini. Bisa jadi jumlahnya akan mencapai 300 orang. Pasalnya sejauh ini masih banyak PNS di Kaur ini yang mengusulkan kenaikan pangkat,’’ tegasnya.

Dikatakanya, pihaknya akan melakukan pembinaan dan pengarahan kepada calon peserta ujian penyesuaian ijazah, untuk mengerjakan soal-soal ujian dengan teliti agar tak ada jawaban yang salah dan bisa lulus. Jika tidak lulus maka akan mengulang tahun depan jelas golonganya tidak naik. Oleh karena itu hal ini akan ditekankan untuk diteliti secara baik. “Peserta akan kita akan beri pengarahan sebelum ujian. Ujian dinas tersebut akan dilakukan satu minggu lagi, untuk itu, kami minta seluruh peserta untuk mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya sejak dini. Hal ini penting untuk bisa lulus dalam ujian yang akan kami gelar,’’ tegasnya. (823)