30 Rumah Ibadah Dapat Bantuan

CURUP, BE – Sebanyak 30 rumah ibadah di kabupaten Rejang Lebong (RL), terdiri dari 11 mushola dan 19 masjid mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah. Penyerahan bantuan diberikan langsung Bupati RL H Suherman SE MM kepada para pengurus masjid dan mushola di ruang rapat Bupati RL, Sabtu (22/12).

Kabag Administrasi Kesras M Dait, SH kepada wartawan menerangkan, bantuan tersebut diberikan untuk membantu biaya operasional rehab kecil masjid, masing-masing Rp 3 juta untuk masjid dan Rp 2,5 juta untuk mushola tahun 2012. “Tahun ini tidak banyak bantuan yang diberikan, mengingat kemampuan keuangan daerah.” terangnya.

Dibagian lain, Bupati Suherman mengingatkan para pengurus masjid bisa mempergunakan bantuan yang diberikan sesuai dengan peruntukkan, dan digunakan secara transparan. “Saya tidak menginginkan karena gara-gara anggaran yang kecil, jadi peributan. Pengurus masjid saya minta untuk transparan dalam mengelola anggaran ibadah ini,” pintanya.

Bupati juga menginginkan, ada peningkatan intensitas dan kualitas kegiatan kemasyarakat di bidang agama di masjid dan mushola. “Harapan saya,pada penyelenggaraan tahun baru Islam, atau gebyar muharam setiap tahun kita adakan banyak peserta yang ikut dan banyak juga yang terbaik,” harapnya.

Selain itu, bupati mewanti-wanti pihak kecamatan dan desa, yang melibatkan peserta dari luar daerah untuk ikut dalam lomba yang berlangsung dalam gebyar muharam. “Saya harapkan dalam setiap kompetisi harus jujur, apalagi kompetisi bidang agama. Saya menginginkan banyak anak muda yang terlibat dalam kegiatan gebyar muharam tahun depan,” pinta Suherman. (999)