30 Persen DD Tersalurkan

Siswanto S Sos Msi

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Bengkulu Selatan (BS), Siswanto S Sos MSi mengatakan, hingga saat ini belum separuh dana desa (DD) untuk 142 desa se Bengkulu Selatan  tersalurkan. “Hingga saat ini sudha 30 persen DD kami salurkan ke-142 desa se Bengkulu Selatan,” katanya.

Siswanto mengatakan, semua DD tahun 2019 anggarannya sebesar Rp 109 Miliar. Untuk tahap pertama sebesar 20 persen sebesar Rp Rp 22 Miliar. Semua desa sudah 100 persen merealisasikannya. Sedangkan untuk tahap ke dua saat ini sudah 52 desa menyalurkan. Untuk tahap kedua, yakni 40 persen dari total DD tahun 2019 yakni sebesar Rp 42 Miliar. Hingga saat ini sudah tersalur sekitar Rp17 Miliar lebih. “Total DD yang tersalur hingga saat sudah mencapai Rp 38,12 Miliar,” ujarnya.

Siswanto menambahkan dengan sudah tersalurnya DD sebesar 30 persen hingga saat ini, Bengkulu Selatan  menjadi kabupaten/kota peringkat ke-2 se Provinsi Bengkulu dalam serapan DD. Sehingga untuk tahun ini, dirinya optimis DD juga terserap 100 persen. “Untuk tahap ke-2 ini kami menargetkan Juli sudah 100 persen desa menyalurkannya, sedangkan untuk tahap ke-3 pada September nanti,” bebernya.



Selanjutnya, sambung Siswanto, dengan sudah 52 desa menyalurkan DD tahap ke-2 ini, dirinya mengimbau desa-desa lainnya segera menyelesaikan realisasi DD tahap pertama. Sehingga setelah selesai, dapat segera membuat laporan untuk penyaluran DD tahap kedua. “Untuk penyaluran DD tahap ke-2 saat ini syaratnya laporan realisasi DD tahap pertama, jadi saya imbau desa lainnya segera menyampaikan laporan realiasasi DD tahap pertama,”terang Siswanto. (369)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*