30 Persen DAS Bengkulu Rusak


RIO/BE – FORUM DAS: Gubernur Bengkulu Rohidin Mersayah mengukuhkan Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Bengkulu sekaligus membuka workshop rencana aksi peduli DAS Bengkulu, Kamis (19/9).

Gubernur Kukuhkan Forum DAS

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Gubernur Bengkulu Dr H Rohidin Mersyah melantik Forum Daerah Aliran Sungai (DAS) Provinsi Bengkulu. Dalam kesempatan itu, Gubernur meminta pihak yang masuk dalam forum DAS tersebut untuk merumuskan aksi kepedulian DAS. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi dan meminimalisir terjadinya musibah banjir dan longsor. Mengingat kondisi saat ini, DAS di Bengkulu telah mengalami kerusakan sampai 30 persen.

“Komitmen para pihak yang terlibat jelas sangat dibutuhkan, mulai dari pihak yang ada di hilir hingga ke hulu,” terang Rohidin usai mengukuhkan Forum DAS Provinsi Bengkulu, di Rafles City Pantai Panjang Kota Bengkulu, kemarin (19/9).

Dikatakannya, forum yang telah dibentuk ini harus mampu menghasilkan rumusan-rumusan aksi dan kebijakan strategis bagi kawasan DAS Bengkulu. Khususnya di kawasan sungai Air Bengkulu.

Sebab, DAS di sungai air Bengkulu telah mengalami kerusakan parah. “DAS Air Bengkulu itu sesunggunya paling pokok, karena itu paling banyak berinteraksi dengan masyarakat, baik dalam rangka pemanfaatan maupun ketika nanti terjadinya banjir yang berdampak besar,” tambahnya.



Di sisi lain, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Bengkulu, Sorjum Ahyan mengatakan, kerusakan DAS Bengkulu saat ini mencapai 30 persen, dan terparah terjadi di DAS Air Bengkulu yang melintasi wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah dan Kota Bengkulu. “Ini menjadi perhatian semua pihak untuk meminimalisir terjadinya bencana di kawasan DAS Bengkulu,” papar Sorjum.

Hadirnya Forum DAS ini bisa memberikan spirit dalam memaksimalkan peran dan fungsinya. Dinas LHK, menurut Sorjum, akan lebih memaksimlakan koordinasi atas capaian strategis yang telah dilaksanakan. “DLHK sebagai perpanjangan tangan Pemprov akan maksimal koordinasi,” tutupnya. (151)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*