30 Pemuda Ikut Seleksi KPN 2019


REWA/Bengkulu Ekspress FOTO BERSAMA: Sekretaris Dispora Provinsi Bengkulu, M Daud Abdullah dan jajarannya berfoto bersama peserta seleksi KPN 2019 di aula kantor Dispora Provinsi Bengkulu, Kamis (25/4).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Sebanyak 30 orang pemuda di Provinsi Bengkulu mengikuti kegiatan seleksi program Kapal Pemuda Nusantara (KPN) 2019 yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu. Seleksi KPN ini merupakan salah satu program Kementerian Pemuda dan Olahraga yang rutin dilaksanakan di tingkat daerah, dengan harapan bisa memperoleh pemuda yang dapat mewakili daerahnya di tingkat nasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman SAg MM melalui Sekretaris, M Daud Abdullah mengatakan, pada tahun ini, Kemepora kembali membuka program KPN bagi pemuda di Bengkulu. Para pemuda ini nantinya akan diambil sebanyak 3 orang untuk mewakili Provinsi Bengkulu di tingkat nasional.

“Kemenpora kembali membuka seleksi KPN 2019 yang akan dilaksanakan di Sail Nias, Provinsi Sumatera Utara,” kata Daud saat membuka kegiatan seleksi KPN 2019 di Aula Kantor Dispora Provinsi Bengkulu, Kamis (25/4).

Dengan kembali dibukanya program seleksi ini, diharapkan nantinya dapat diperoleh pemuda yang benar-benar produktif dan berdaya saing serta dapat memperkenalkan Bengkulu dikancah Nasional. Sehingga membuat Provinsi Bengkulu semakin terkenal dan diminati untuk dikunjungi oleh penduduk dari provinsi lainnya.

“Pemuda kita itu semuanya produktif, hanya saja dari yang produktif ini, ada yang lebih produktif lagi, mereka kreatif dan linovatif, pemuda itulah nanti yang akan mewakili Bengkulu ke Sail Nias. Untuk itu, peserta seleksi ini harus benar-benar serius, buktikan kalau kalian layak,” tutupnya.



Sementara itu, Kabid Pemberdayaan Pemuda Dispora Provinsi Bengkulu, Wardaniar mengatakan, kegiatan program seleksi KPN 2019 ini akan diambil sebanyak 3 orang, terdiri dari 2 orang perempuan dan 1 orang laki-laki. Dimana pada seleksi tahap awal ada sebanyak 43 orang yang mendaftar, hanya saja sebanyak 13 orang dinyatakan tidak memenuhi administrasi sehingga terpaksa digugurkan.”Saat ini hanya 30 orang pemuda yang akan mengikuti seleksi, kita harapkan pemuda-pemuda ini bisa serius mengikuti seleksi hingga akhir,” ujar Wardaniar.

Seperti diketahui, proses seleksi yang akan dilakukan oleh Dispora Provinsi Bengkulu diantaranya seleksi makalah, seleksi pengetahuan umum, wawasan tentang Kebudayaan Bengkulu, tes fisik dan renang. Setiap peserta seleksi diharapkan bisa lolos disetiap tahapan seleksi tersebut dan nantinya bisa mewakili Bengkulu ke Pulau Nias. “Seandainya mereka lolos seleksi maka nanti nama yang lolos tersebut akan dikirimkan ke Kemenpora dan akan mengikuti Sail Nias pada September 2019 mendatang,” tutupnya.(999)