30 Desa Belum Ajukan Pencairan

=foto Suwanto

ARGA MAKMUR, Bengkulu Ekspress – Mendekati akhir dari waktu pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Desa (DD) tahap pertama, yaitu pada minggu ke 3 di bulan Juni, masih ada sekitar 30 desa di Kabupaten Bengkulu Utara (BU) yang belum mengajukan berkas ke Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bengkulu Utara.

Hal ini dikatakan Sekretaris BPKAD Bengkulu Utara, Suwanto, kemarin (10/6). Bahwa pihaknya memang belum menerima berkas pengajuan pencairan ADD/DD. Namun, ia belum bisa menyebutkan pasti desa mana saja yang belum mengajukan berkas pencairan ADD/DD tersebut.



“Memang dari desa nya sendiri yang belum mengajukan berkas, ada sekitar 30 desa lagi yang belum cair, namun data untuk nama-nama desanya belum saya terima sekarang,” kata Suwanto.

Suwanto menambahkan, bahwa pihaknya tidak akan memperlambat bagi setiap desa yang akan melakukan pencairan dana desa dengan mengajukan berkas lengkap ke BPKAD. “Tidak akan kami perlambat, justru akan kami usahakan secepat mungkin, paling lambat kalau berkasnya lengkap itu hanya 2 hari,” terang Suwanto.

Hal senada diungkapkan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Bengkulu Utara Ir Budi Sampurno, bahwa memang benar saat ini masih ada sekitar 30 Desa yang belum sama sekali mengajukan berkas, padahal untuk proses pencairan tahap berakhir di minggu ketiga dibulan Juni. “Ya memang hingga saat ini masih ada sekitar 30 desa yang belum mengajukan berkas,” ujarnya.

Budi berharap dengan sisa waktu yang ada, kepada seluruh desa yang belum mengajukan berkas untuk segera mengajukan berkas tersebut. Pihak DPMD Bengkulu Utara dan BPKAD tidak akan menghambat ataupun memperlambat proses tersebut. “Jadi kita harapkan seluruh desa yang belum untuk segera mengajukan berkas- berkas tersebut,” tandasnya.(127)