30 Agustus Batas Verifikasi Penerima BSM

 

BENGKULU, Bengkulu Ekspress– Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu menintruksikan pada seluruh kepala sekolah jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) se-kota Bengkulu untuk menuntaskan proses verifikasi data penerima Beasiswa Siswa Miskin (BSM) tahun 2019.

” 30 Agustus seluruh data penerima BSM sudah harus sudah masuk ke Dinas Dikbud Kota Bengkulu, ” ungkap sekretaris Dinas Dikbud Nopri Walihan Aksa SPd MM diamini Nopian Susanto.

Pasalnya tabungan BSM yang sudah diserahkan secara simbolis oleh walikota Helmi Hasan SE pada HUT ke-74 RI harus segera di SK kan (Surat Keputusan) untuk selanjutnya di transfer ke tabungan pelajar.



Besaran BSM yang akan diterima siswa untuk tingkat SD Rp 500 ribu, dan tingkat SMP Rp 750 ribu. Total anggaran BSM yang diakomodir dalam APBD sebesar Rp 2,4 M. Anggaran tersebut mengalami rasionalisasi, sehingga mengalami pengurangan hampir setengahnya dari anggaran tahun 2018 lalu Rp 4,6 M. Akibatnya ada pemangkasan kuota penerima bagi siswa kurang mampu tersebut.

” Jumlah penerima BSM tahun ini menurun 2.796 dari tahun lalu, tahun lalu tingkat SD sebanyak 5.406 siswa tahun ini hanya 3.110 penerima dan SMP dari 1.400 siswa turun jadi 900 penerima, ” cetusnya.

Ia berharap kepala sekolah dapat menuntaskan pendataan penerima BSM, ia juga mengingatkan syarat penerima BSM selain warga kurang mampu, juga tidak terdaftar sebagai penerima bantuan Kartu Indonesia Pintar yang bersumber dari APBN. ” Ini bantuan dari APBD, harapanya tidak ada penerima yang tumpang tindih, dengan begitu harapan tidak ada anak di kota yang tidak sekolah, ” tukasnya. (247)




    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*