3 Warga Digulung Ombak

RATU AGUNG, BE- Ombak di kawasan objek wisata Pantai Panjang Bengkulu kembali menunjukkan keganasannya. Sekitar pukul 09.00 WIB Senin (24/12) lalu, ombak menggulung 3 warga asal Jambi yang bermain air laut di Pantai itu, tepatnya di depan Hotel Nala Seaside. Mereka antara lain, Suparto (60), dan 2 cucunya Wislusiono (13) dan Wiliam. Ketiganya terombang-ambing hingga 2 jam lamanya ditengah laut. Beruntung nyawa mereka bisa diselamatkan, berkat pertolongan pedagang sekitar pantai yang terjun ke laut menyelamatkan mereka.

“Beruntung kami sigap untuk menyelamatkan mereka,”terang Zaini, Pedagang Pantai Panjang yang menyelamatkan korban.
Wislusiono dan Wiliam berhasil selamat setelah ombak besar melemparkan tubuh mereka ke tepian laut. Sedangkan Supartono ditarik ombak hingga ke tenga laut sekitar 500 meter jauhnya dari bibir pantai. Tubuhnya terombang-ambing cukup lama dimainkan air laut, tak kurang dari 2 jam. Beruntung dalam kondisi itu Supartono terus melambai-lambaikan tangannya meminta pertolongan. Beberapa lama kemudian pedagang Pantai Panang setempat Zaini dan kawan-kawannya melihat tubuh Supartono yang terombang-ambing ditengah laut itu. Saat kejadianpolisi ataupun Tim Sar yang ada di TKP (Tempat Kejadian Perkara) tidak sama sekali menyelamatkan korban. Mereka hanya melihat dari tepian laut saja.Melihat tak ada petugas yang berusaha menyelamatkan korban, Zaini dan 3 pedagang lainnya lalu langsung terjun ke laut dan berenang ke tengah menyelamatkan korban. Dengan menggunakan alat bantu seadanya seperti kayu untuk berpegangan, akhirnya Zaini dan warga penolong itu berhasil membawa korban ke tepi laut. Korban yang sudah kehabisan tenaga dan banyak meminum air laut terlihat lemas. Ia pun lalu langsung dilarikan ke RS Tiara Sella untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

“Tadi itu 3 yang tenggelam, tapi 2 sudah ditolong. Nah yang satu lagi (Supartono, red) sempat terapung-apung melambaikan tangannya, makanya langsung kami tolong,” ujar Yan (40) yang ikut membantu menyelamatkan korban
Kejadian ini terjadi saat, ketiga korban mengunjungi pantai panjang mengisi masa liburan. Ketiganya pun asyik mandi di air laut. Namun tanpa disadari Suparto, Wiliam, dan Wislusiono, ternyata mereka sudah ditengah laut. Berikutnya ombak deras datang semakin membawa mereka ke tengah. Melihat korban terombang-ambing ditengah lautan Zaini dan kawan-kawan langsung menolong Wiliam dan Wislusiono. Naasnya korban Supartono semakin jauh terseret arus. Berutung berkat pertolongan Zaini dan kawan-kawan, Supartono pun akhirnya dapat diselamatkan. (333)