3 Puskesmas Diusulkan Akreditasi

LEBONG, Bengkulu Ekspress – Setelah selesai mengakreditasikan 3 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) dari jumlah sebanyak 13 Puskesmas di tahun 2016 yang lalu. Tahun ini, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebong berharap ada 3 Puskesmas lagi yang terakreditasi.

Sebelumnya di tahun 2016 yang lalu, Dinkes telah mengajukan akreditasi 3 puskesmas. Yaitu Puskesmas Taba Atas, Talang Leak dan Tes, ke pihak Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (KAFKTP) dan di tahun 2016 itu juga ke tiga Puskesmas tersebut keluar Akreditasinya menjadi Puskesmas Akreditasi Tingkat Dasar.

Kadinkes Kabupaten Lebong, Amril Yudani SKM melalui Sekretaris Dinkes, Rachman SKM mengatakan, sebelumnya di tahun 2017 yang lalu pihaknya kembali mengajukan akreditasi untuk 3 Puskesmas. Yaitu Puskesmas Topos, Sukoharjo dan Puskesmas Lemeu Pit.

“Itu telah kita ajukan tetapi di hasilnya belum keluar, mudah-mudahan di tahun ini (2018) hasilnya bisa keluar,” jelasnya, kemarin.

Ditambahkan Rachman, akreditasi sebuah Puskesmas sendiri sangatlah penting. Hal ini untuk menunjukan kualitas dari Puskesmas itu sendiri. Dimana dalam akreditasi ini, ada 4 tingkatan katagori. Dimana masing-masing katagori yaitu katagor Akreditasi tingkat Dasar, Madya, tingkat Utama dan Akreditasi tingkat Paripurna.

“Jenjang akreditasi itu harus dilakukan oleh setiap Puskesmas mulai dari dasar dan tertinggi Paripurna,” sampainya.

Dalam akreditasi ini, nantinya akan dilakukan setiap 3 kali dalam 1 tahun. Dimana jika Puskesmas telah mendapatkan akreditasi seperti akreditasi dasar, maka selanjutnya pihak Puskesmas di 3 tahun ke depan harus mempersiapkan untuk bisa terakreditasi Madya dan seterusnya.

“Karena Akrditasi ini sangat penting di setiap Puskesmas agar bisa mengalami peningkatan,” ujarnya.

Sebelum mengajukan akreditasi Puskesmas, Tim dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) teah memberikan pelatihan kepada tim dari Dinkes Lebong, untuk bisa mendampingi dan mematangkan persiapan setiap Puskesmas yang akan diajukan menerima Akreditasi.

“Ada 3 ahli bidang pelatihan yang diberikan untuk persiapan akreditasi Kesehatan ini,” sampainya.

Selanjutnya, jika 3 Puskesmas yang diajukan kembali mendapatkan akreditasi, maka di tahun 2019 nanti pihaknya kembali akan mengajukan akreditasi kepada 4 puskesmas yang belum terakreditasi yaitu puskesmas Kota Donok, Muara Aman, Rimbo Pengadang dan puskesmas Semelako.

“Mudah-mudahan itu bisa kita lakukan sehingga selanjutnya tinggal 3 Puskesmas lagi yang akan kembali kita ajukan akreditasinya dan itu seterusnya kembali mengajukan yang sebelumnya telah terakreditasi,” tutupnya.(614)