3 November UKG Tahap 2

BENGKULU, BE – Direncanakan sebanyak 487 orang guru bakal mengikuti Ujian Kompetensi Guru (UKG) tahap 2 yang dimulai 3-7 November mendatang. Ujian ini dibagi menjadi 3 gelombang dan dipusatkan di SMA Sint Corulus dan SMKS 16 Farmasi Kota Bengkulu. Hari ini para peserta UKG dapat melihat pengumuman jadwal dan tempat pelaksanaannya.

“Hari ini pukul 11.00 WIB calon peserta UKG tahap 2 bisa melihat jadwal dan tempat ujiannya di papan pengumuman,” kata Kasubag Kepegawaian Dispendik Kota Bengkulu, Drs Akmaluddin MPd.

Dari jumlah peserta ujian tahap 2, diantaranya ada guru yang mengulang karena kesalahan teknis pada UKG tahap pertama lalu.  Mengingat pentingnya pelaksaan UKG ini, Akamaludin berharap para guru tidak ketinggalan informasi. Apalagi ujian ini diselenggarakan secara serentak se-Indonesia. UKG tahap 2 ini menguji kompetensi seluruh guru dan pengawas yang akan terkoneksi pada 1 server se-Indonesia. Materi uji bagi kepala sekolah berbeda dengan materi uji guru. Selain tentang akademik yang selama ini diampu, para kepala sekolah diuji tentang kemampuan manajerial.

“Kepala sekolah itu juga sebagai guru, oleh karenanya juga perlu diketahui kemampuannya. Karena, ketika mereka tidak lagi menjabat sebagai kepala sekolah, mereka akan menjadi guru kembali. Sekolah yang baik harus dipimpin oleh kepala sekolah yang baik,” terangnya.

Sementara itu, bagi pengawas sekolah UKG ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan supervisi akademik dan supervisi menejerial. “Pengawas itu sebagai supervisi akademik, yang menyangkut tugas guru dalam mengajar dikelas, dan supervisi manajerial yakni melakukan pembinaan aspek manajemen sekolah,” sampainya.

Disisi lain, ujian ini bukan untuk mendiagnosis lulus dan tidak lulus, tetapi untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru. Sehingga dapat dicarikan solusi yang tepat untuk meningkatkan kemampuan guru agar terus belajar. Dan hasil tes ini juga tidak lantas menghilangkan hak tunjangan sertifikasi yang telah diterima guru. (128)