3 Kakek Ikuti Ujian Paket C, Modal Mencalon DPRD Seluma

TAIS, BE-Ujian paket C periode Oktober 2012 yang digelar sejak kemarin sampai Kamis (12/10) mendatang, didiikuti kali diikuti 85 orang peserta. Sebanyak 3 orang diantaranya merupakan peserta berusia lanjut atau masuk pada usia kakek-kakek. Seorang orang peserta berusia 59 tahun, 2 orang berusia 53 tahun.
Peserta tertua bernama Nurman Burman, kelahiran 4 April 1953 warga Desa Bungamas Kecamatan Seluma Timur.

Namun Nurman bukan berasal dari Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) yang ada di Seluma Timur, tapi masuk melalui PKBM Teratai dari Kecamatan Talo. Dua orang berusia 53 tahun yakni A Sajudin yang diketahui sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) Napal Melintang Kecamatan Talo dan Mastani warga Desa Tumbuan Kecamatan Talo.

Sajudin tercatat tanggal kelahirannya 12 Oktober 1959, sedangkan tanggal kelahiran Mastani 15 Juni 1959.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Seluma Syaiful Anwar SPd MPd melalui Kepala Seksi Pendidikan Non Formal  (PNF) Herwan Ofty SPd mengakui perihaladanya peserta ujian yang sudah berumur itu. Ditegaskannya, terkait dengan usia, calon peserta ujian paket tak akan dipermasalakan. Karena tidak ada aturan yang mebatasi usi bagi warga yang ingin mendapat kesetaraan pendidikan SMA maupun SMP dan SD.

”Informasinya benar ada beberapa orang yang usianya sudah tidak lagi muda. Itu tidak masalah, malah itu baik. Karena ijazah pendidikan peket itu penting yang statusnya setara dengan sekolah formal,” katanya.

Data terhimpun, peserta ujian paket C periode ini tak hanya 2 orang tersebut yang sudah tua-tua. Melainkan masih terdapat sejumlah nama lagi yang usianya kakek-kakek. Menurut infromasi sumber internal PNF dan sejumlah pengurus PKBM, peserta tua-tua itu memerlukan ijazah setara SMA guna untuk mempersiapkan diri menjadi calon anggota legislatif dan keperluan lainnya. (444)