3 Kabupaten Manfaatkan Cadangan Beras

ARY/Bengkulu Ekspress Petugas gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong saat menyiapkan beras cadangan, setelah terjadinya bencana longsor dan banjir tiga kabupaten memanfaatkan Cadangan Beras Pemerintah dari Bulog Sub Divre Rejang Lebong.

CURUP, Bengkulu Ekspress– Tiga kabupaten yang ada di wilayah kerja Bulog Sub Divre Rejang Lebong telah memanfaatkan Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang ada di Bulog Sub Divre Rejang Lebong. Ketiga Kabupaten yang memanfaatkan CBP tersebut adalah Kabupaten Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

Kepala Bulog Sub Divre Rejang Lebong, Samsudin Agung melalui Kasi Komersil, Hambali menjelaskan, ketiga kabupaten tersebut memanfaatkan beras cadangan pemerintah pasca terjadinya bencana banjir dan tanah longsor yang melanda Provinsi Bengkulu beberapa waktu lalu. “Pasca terjadinya banjir dan tanah longsong yang terjadi beberapa waktu lalu, tiga kabupaten yang berada diwilayah kita langsung memanfaatkan atau menggunakan cadangan beras pemerintah,” sampai Hambali.

Menurut Hambali, cadangan beras pemerintah tersebut digunakan oleh pemerintah tiga kabupaten tersebut untuk membantu para korban bencana banjir dan tanah longsor. Karena menurut Hambali salah satu dari kegunaan dari cadangan beras pemerintah tersebut memang untuk membantu masyarakat bila terjadi bencana.

Penyaluran cadangan beras pemerintah tersebut, menurutnya disalurkan melalui pemerintah daerah masing-masing. Dimana menurutnya cadangan beras pemerintah yang mereka berikan kepada ketiga kabupaten sesuai dengan permintaan dari masing-masing kabupaten.

“Cadangan beras pemerintah yang kita keluarkan berdasarkan permintaan dari masing-masing kabupaten melalui SK bupati,” sampainya.

Lebih lanjut Hambali menjelaskan, cadangan beras pemerintah yang disalurkan masing-masing kabupaten dengan rincian untuk Kabupaten Rejang Lebong sebanyak 6.776 Kg, kemudian Kabupaten Lebong sebanyak 6.500 Kg dan Kabupaten Kepahiang sebanyak 5.000 Kg. “Jumlah yang kita keluarkan juga berdasarkan permintaan masing-masing Pemda dan tertuang dalam SK bupati,” terang Hambali.

Sementara itu, terkait dengan ketersediaan beras di Gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong sendiri, Hambali mengaku stok mereka masih cukup dimana untuk beras premium sebanyak 140 ton dan stok beras medium sebanyak 211 ton. Selain itu masih ada 500 ton beras dalam perjalanan ke Gudang Bulog Sub Divre Rejang Lebong.”Dengan stok yang ada tersebut, maka kita memastikan ketersedian beras yang kita miliki cukup untuk tiga bulan kedepan,” demikian Hambali.(251)