3 Indikator Cileungsi Dilabeli Kawasan Sunrise Properti di Jabodetabek

Bogor, Bengkuluekspress.com – Semakin sedikitnya lahan untuk mengembangkan properti di Ibukota, ditambah dengan harga jual tanah yang semakin meninggi, membuat arah pengembangan properti telah lama bergeser ke kawasan-kawasan penyanggah Ibukota atau kawasan satelit. Misalnya saja kawasan Cileungsi di Bogor.

Dalam beberapa tahun terakhir, kawasan Cileungsi disebut mendapatkan label sunrise property. Label sunrise property yang didapatkan kawasan Cileungsi tentunya dilatar belakangi oleh sejumlah indikator yang dimilikinya.

Indikator pertama dapat dilihat dari aspek ketersediaan properti baru yang dikembangkan oleh berbagai developer properti. Dalam koridor pengembangan properti hunian di Cibubur-Cileungsi, saat ini diperkirakan sudah lebih dari 100 perumahan dikembangkan dalam berbagai macam skala, baik skala besar, menengah, dan kecil. Beberapa perumahan baru seperti misal perumahan Citra Indah City, Citraland Cibubur, Harvest City dan sebagainya menjadi sejumlah bukti ketersediaan hunian untuk masyarakat.

Selain ketersediaan properti baru seperti perumahan Citra Indah City dan berbagai perumahan lainnya, indikator kedua dilihat dari kesiapan aksesibilitas mobilisasi masyarakat yang dimanifestasikan dari infrastruktur jalan serta fasilitas transportasi umum. Jika pada awalnya kawasan Cileungsi hanya dapat diakses melalui koridor jalan raya Cibubur dan jalan raya Cileungsi – Setu, saat ini terdapat berbagai macam akses infrastruktur jalan tol yang membuka akses dekat wilayah tersebut. Misalnya saja pengembangan sesi baru tol Jagorawi, tol Cikampek, dan tol Cimanggis-Cibitung. Apalagi saat ini, hanya beberapa menit dari sejumlah perumahan di Cileungsi , masyarakat pemukimnya dapat menemukan koridor transportasi massal light rail transit Jakarta-Bogor.

Terakhir yakni indikator pengembangan sektor retail. Dalam beberapa tahun terakhir, koridor Cibubur dan Cileungsi dipampangkan sejumlah pengembangan sektor retail baik berskala kecil dalam unit komersial maupun skala besar seperti Mal dan ITC. Beberapa retail berskala besar disana misalnya saja seperti Metropolitan Mall Cileungsi, Cibubur Square, Cibubur Junction, Plaza Cibubur, Mal Ciputra Cibubur, Metropolitan Mall Cileungsi, Cibubur Point.

Pengembangan sektor retail ini sangat penting untuk memantaskan kawasan Cileungsi sebagai kawasan sunrise properti. Dimana selain memudahkan para pemukim menemukan kebutuhan-kebutuhan sehari-harinya di segmen retail ini, investor dan developer pun mendapatkan sentimen positif terkait dengan pasar konsumennya. (Adv/Ril)