3 Alasan Babelan Menjadi Kawasan Incaran Pencari Properti

 

BEKASI, bengkuluekspress.com- Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa kawasan di Bekasi yang awalnya dikatakan kurang potensial dalam pengembangan properti kini menyulap dirinya menjadi kawasan yang menyediakan kuota properti-properti hunian yang lumayan besar. Bahkan beberapa kawasan tersebut kini menjadi kawasan sunrise property. Misalnya saja yaitu Kecamatan Babelan.

Kawasan di utara Bekasi yang sejak lama dikenal sebagai wilayah pertanian dengan hamparan sawah yang dikatakan sangat luas itu, kini bertransformasi sebagai salah satu penyedia proyek hunian untuk bermacam golongan masyarakat yang terus bertambah produksinya.

Banyak pertanyaan terkait faktor-faktor apa saja yang membuat kawasan Babelan kini menyulap dirinya menjadi kawasan sunrise property di Bekasi yang menjadi incaran para pencari properti.

Mengambil cerita dari pengembangan masif proyek hunian terbaru berkonsep cluster one gate system yang populer bernama cluster Grand Mahkota, kami akan menjelaskan beberapa poin yang menjadikan properti pada kawasan Babelan semakin diburu para pencari properti khususnya di Jabodetabek.

Harga Terjangkau

Faktor harga memang diketahui merupakan faktor yang paling sensitif dalam proses pertimbangan memilih tempat bermukim. Di Babelan, perumahan-perumahan yang dikembangkan seperti Grand Mahkota diketahui memiliki banderolan harga sangat terjangkau hingga dapat dijangkau oleh masyarakat berpendapatan rendah (MBR).

Melihat tren harga properti dari portal properti global Lamudi.co.id, saat ini harga rata-rata per meter persegi properti hunian pada kawasan Babelan diketahui berkisar pada angka Rp 8.640.000 per m2. Untuk perumahan baru populer saja seperti rumah dijual di Grand Mahkota, harga hunian dibanderol dengan harga jual mulai dari Rp400 jutaan.

Terbangunannya Infrastruktur Transportasi

Sejak lama kawasan Babelan dikatakan tidak memiliki label ‘layak’ dalam sektor infrastruktur transportasi, baik dari pembangunan jalan raya maupun sektor akses lainnya. Kini, semuanya benar-benar telah berubah secara signifikan dan telah dilabelkan ‘sangat layak’ dalam menunjang aksesibilitas dan mobilisasi masyarakat yang bermukim disana ke kawasan-kawasan strategis di Bekasi dan Ibukota DKI Jakarta.

Selain pengembangan beberapa jalan antar wilayah dan antar kota, kawasan Babelan dalam beberapa tahun ke depan akan sangat mudah terjangkau melalui infrastruktur Jalan tol Cibitung-Cilincing yang terhubung dengan Jalan tol JORR, tol pelabuhan, dan tol Cikampek. Jaraknya pun tidak terlalu jauh bahkan hanya selangkah seperti yang dialami perumahan populer Grand Mahkota di Babelan.

Potensi Investasi dalam Sektor Sewa

Murahnya harga hunian dan kedekatan perumahan dengan infrastruktur transportasi serta masifnya pengembangan kawasan Babelan secara langsung sangat mempengaruhi kenaikan harga yang signifikan per tahunnya.

Selain kenaikan harganya yang signifikan, sektor sewa hunian pada kawasan tersebut diketahui sedang berkembang saat ini. Hal ini mengingat permintaan yang tinggi dalam sektor sewa dari konsumen yang merupakan pekerja pabrik pada kawasan industri Bekasi yang banyak berlokasi tidak jauh dari Babelan. Tentu ini sangat menguntungkan dari aspek capital gain dan yield dari perumahan yang dimiliki pada kawasan Babelan.

 



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*