3.297 DPT Berpotensi Ganda

dpt
Foto : IST

TAIS,Bengkulu Ekspress – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Seluma, melaksanakan rapat pencermatan Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari pencermatan itu ditemukan daftar pemiluh tetap sebanyak 3.297 pemilih berpotensi ganda. Setelah dilakukan pencermatan dan faktual DPT ganda itu dihapus melalui rapat pleno.

“Dari rekomendasi dari Banwaslu Seluma, sekurang-kurangnya terindikasi 3.297 orang terdaftar pemilihan ganda,” Kata Ketua KPU Seluma Sarjan Efendi SE Kepada Bengkulu Ekspress kemarin (13/9).

Sarjan menambahkan, data itu tidak serta merta benar-benar ganda. Mengingat ada juga kesamaan nama yang ditemukan. Sehingga hari ini dilakukan verifikasi dan setelah itu barulah dilakukan pleno dengan mengundang PPK se-Kabupaten Seluma.

“Hari ini, kita mengundang PPK se-Kabupaten Seluma, guna untuk memverifikasi temuan pemilih ganda, untuk kebenaran data tersebut adalah pemilih ganda atau memang memiliki nama yang sama,” ujar Sarjan.

Dengan verifikasi dan pleno ini, maka DPT untuk kabupaten Seluma dari 140. 007 mengalami pengurangan sebanyak 3.297 tersebut. Namun berapa jumlah pengurangan pastinya belum bisa dipastikan. Karena verifikasi dan pleno masih berlangsung.

Komisioner KPU Seluma Bidang Tenknis dan Sosialisasi Edi Ansori mengatakan, saat ini KPU tengah melakukan sosialisasi Goes to School ke setiap Sekolah SMA/SMK sekabupaten Seluma. Sedikitnya sudah tiga sekolah sudah didatangi SMA N 6 Seluma, SMA N 1 Seluma dan SMA N 7 Seluma. Ditargetkan, seluruh SMA/SMK se-Kabupaten Seluma, mendapatkan sosaliasi Pemilu 2019. Program ini salah satu cara untuk mensosialisasikan pentingnya Pemilu kepada para pemilih pemula.

“Kita langsung turun ke sekolah-sekolah untuk mensosialisasikan pentingnya Pemilu kepada anak-anak sekolah terkhusus pemilih pemula,” ujar Edi.

Sosialisasi Goes to School di kabupaten Seluma ini, juga untuk meminimalisir terjadinya golput dan adanya kecurangan, seperti money politic sehingga pada 2019, pemilihan umum berjalan aman dan sesuai rencana tanpa ada kecurangan dan angka golput yang tinggi. (333)