3.280 Vial Vaksin Covid-19 Rejang Lebong Tiba


Ary/BE
Sebanyak 3.280 vial vaksin untuk Covid-19 tiba di Kabupaten Rejang Lebong pada Selasa (26/1) sore. Vaksin tersebut akan diberikan kepada seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong

CURUP, bengkuluekspress.com– Setelah lama ditunggu akhirnya Kabupaten Rejang Lebong menerima vaksin untuk Covid-19. Vaksin Covid-19 yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tersebut sebanyak 3.280 vial.
“Alhamdulillah hari ini sebanyak 3.280 vial vaksin dari Sinocvac telah kita terima,” uangkap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong, Syamsir SKM MKM didampingi Kabid Sumber Daya Kesehatan, Sofan Wahyudi, Selasa (25/1).
Setelah tiba di Kabupaten Rejang Lebong, kemudian vaksin buatan Cina tersebut langsung disimpang di gudang penyimpanan obat dan farmasi Dinas Kesehatan Kabupaten Rejang Lebong sebelum vaksin tersebut digunakan.
“Vaksin ini cukup untuk 1.620 orang yang masing-masing penerima vaksin akan mendapat dua kali vaksin dengan jeda pemberian vaksin 14 hari,” tambah Syamsir.

Jumlah yang diterima Kabupaten Rejang Lebong tersebut, menurut Syamsir, lebih sedikit dari yang sebelumnya mereka usulkan. Dimana sebelumnya Kabupaten Rejang Lebong mengusulkan untuk 1.700 an orang lebih sesuai dengan jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong. Karena menurut Syamsir yang pertama kali akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 ini adalah petugas kesehatan. Namun meskipun jumlahnya lebih sedikit, tidak masalah karena untuk tenaga kesehatan yang sudah pernah terpapar Covid-19 tidak menjadi prioritas lagi. Sehingga dengan kuota yang diterima tersebut ia meyakini cukup untuk seluruh Nakes di Kabupaten Rejang Lebong.
“Setelah ini kita akan menerima lagi termin kedua dan yang belum terpenuhi saat ini bisa kita lakukan ditambahan nanti,” papar Syamsir.

Untuk kegiatan Vaksinasi sendiri, menurut Syamsir, rencananya akan mereka mulai pada Senin (1/2) mendatang. Peluncuran kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong tersebut akan dilaksanakan di Puskesmas Curup. Kemudian dilanjutkan di setiap Puskesmas yang ada di Kabupaten Rejang Lebong.
Disisi lain, terkait dengan kesiapan Bupati Rejang Lebong untuk divaksin pertama kali seperti yang ia sampaikan beberapa waktu lalu. Menurut Syamsir pihaknya akan melakukan screening kesehatan terlebih dahulu baik terhadap bupati maupun usur FKPD Kabupaten Rejang Lebong lainnya. Bila memang memungkinkan maka menurutnya bisa saja kegiatan vaksinasi nanti langsung dilakukan oleh FKPD Kabupaten Rejang Lebong.
Kemudian terkait dengan perkembangan kasus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong sendiri, menurut Syamsir pada Selasa kemarin sudah mencapai 608 kasus setelah adanya penambahan satu kasus baru.
“Selain ada satu kasus baru, hari ini ada 11 orang dinyatakan sembuh sehingga total yang masih dalam pengawasan sebanyak 47 kasus,” demikian Syamsir.(251)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*