28 Desa di Kaur Belum Cairkan DD

AJUKAN: Para Kades saat mengajukan rekomendasi pencairan DD tahap kedua di kantor PMD Kaur, Selasa (20/4).

BINTUHAN, bengkuluekspress.com – Sebanyak 28 Desa dari 192 Desa di Kabupaten Kaur hingga akhir bulan April 2021 ini belum melakukan pencairan Dana Desa (DD) tahap pertama untuk tahun anggaran 2021. Akibat belum pencairan ini program pemberdayaan masyarakat dan pembangunan Desa yang dialokasikan melalui anggaran tersebut belum berjalan.

“Tinggal sekitar 28 desa lagi yang masih belum melakukan pencairan dan selebihnya sekitar 163 desa sudah mencairkan dan bahkan ada yang sudah mengajukan pencairan tahap kedua,” kata Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kaur, Adhar Cilas MSi, Selasa (20/4).

Dikatakan Adhar, puluhan desa yang belum merealisasikan DD karena APBDes-nya belum ditetapkan. Itu terjadi karena ada dinamika dalam proses penyusunan program dan kegiatan. Dimana untuk syarat pengajuan pencairan DD ini desa wajib menyampaikan dokumen APBDes yang sudah disahkan BPD dan Pemdes, dengan menggarkan Bantuan Langsung Tunai (BLT-DD) dan pengalokasian anggaran untuk penanganan Covid-19 sebesar delapan persen.

“Di sini kita minta kepada desa yang belum mencairkan DD tahap pertama ini diminta untuk segera mengajukan karena ini sudah pencairan DD tahap kedua. Untuk tahap dua ini sudah 16 desa yang mengajukan pencairan,” terangnya.

Ditambahkanya, pihaknya menargetkan awal bulan Mei 2021 nanti semua desa di Kaur telah menyerap DD tahap kedua. Sehingga awal Oktober tidak ada lagi yang tersisa sehingga fokus pada penyaluran DD tahap tiga. Dengan demikian, Desember 2021 semua realisasi DD bisa selesai dilakukan penyerapan semua desa.

“Ke depan harapan kita DD ini semuanya terserap oleh desa, sehingga tahun 2022 mendapat kucuran lebih besar dan berjalan sesuai dengan yang kita harapkan,” jelasnya. (618)

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*