27 Desa Cairkan ADD

duit
foto : ist

BENTENG, Bengkulu Ekspress – Memasuki minggu kedua bulan November 2019, sebanyak 27 desa di Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) telah menerima alokasi dana desa (ADD) triwulan 3 2019.Dengan demikian, Kepala Desa (Kades) beserta perangkat desa sudah bisa menerima gaji atau penghasilan tetap (Silta) mereka selama 3 bulan. Yakni, pada bulan Juli-September 2019.

“Sampai dengan hari ini (kemarin,red), ADD untuk 27 desa sudah disalurkan ke masing-masing rekening kas desa,” kata Kepala Badan Keungan Daerah (BKD) Kabupaten Benteng, Welldo Kurniyanto SE MM.

Disampaikan Welldo, proses penyaluran ADD memang tak bisa dilakukan secara serentak atau sekaligus. Sebab, BKD akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu terhadap berkas pengajuan ADD yang disampaikan.”Sebagian besar desa memang sudah menyerahkan berkas pengajuan ADD. Hanya saja, proses penerbitan surat perintah pencairan dana (SP2D) dilakukan secara bertahap. Hari ini, SP2D pencairan ADD kembali akan diterbitkan,” tambah Welldo.

Lebih lanjut, Welldo mengungkapkan, masing-masing desa harus menyampaikan laporan realisasi penggunaan ADD tahap sebelumnya serta dokumen anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes). Selain untuk membayar Siltap, ADD juga disalurkan untuk pembelian ATK, operasional Kades serta perangkat serta keperluan Pemerintahan Desa (Pemdes) lainnya.

Dari 142 desa se-Kabupaten Benteng, ada 2 desa yang belum menyelesaikan dokumen APBDes. Yaitu, Desa Dusun baru II Kecamatan Karang Tinggi dan Desa Tamiyang Kecamatan Pagar Jati.
“Sebelum APBDes selesai, ADD tak bisa disalurkan,” tegas Welldo.(135)



    Leave a Reply

    Your email address will not be published.*