26 Poktan Terima Alsintan

Ist/BE
SERAHKAN : Alat mesin pertanian (Alsintan) diserahkan Bupati Kepahiang, Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU kepada perwakilan ketua Poktan.

KABAWETAN, bengkuluekspress.com – Jelang penutupan tahun 2019, sebanyak 26 kelompok tani (Poktan) Kabupaten Kepahiang mendapatkan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan). Pembagian alsintan dilakukan Bupati Kepahiang Dr Ir Hidayattullah Sjahid MM IPU, Minggu pagi (29/12) pukul 10.00 WIB di Desa Sidorejo Kecamatan Kabawetan.

Ada sekitar 30 unit alsintan diberikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepahiang, seperti handtraktor, mesin tumbuk serta bibit ratusan komoditi pertanian. Dengan banyak bantuan di sektor pertanian, diharapkan dapat meningkatkan semangat petani dalam menggelola lahan perkebunan.

“Melalui program ini, kami berharap dapat meningkatkan semangat para petani. Sehingga bisa mengelola lahannya dengan baik dan hasilnya semakin meningkat,” ungkap Hidayattullah.

Selanjutnya, dikatakan Bupati, pemerintah menargetkan peningkatkan jumlah penyuluh di Kabupaten Kepahiang supaya dapat lebih intensif dalam memberikan pendampingan kepada para petani. Agar berbagai peralatan bantuan pemerintah bisa digunakan secara baik dan benar kepada para petani penerima. “Keinginan kita kedepannya bisa meningkatkan jumlah penyuluh di Kabupaten Kepahiang, karena kesuksesan petani sangat berpengaruh dengan adanya penyuluh pertanian agar petani di Kabupaten Kepahiang dapat lebih makmur dan sejahtera,” tuturnya.

Kadis Pertanian Kepahian, Hernawan SPKP mengatakan, jika penyaluran program alsintan merupakan salah satu program pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pertanian serta hasil pertanian. Agar dapat menjadi daerah sentra pertanian yang bisa memenuhi kebutuhan pasar. “Pendampingan kepada para petani jadi prioritas pemerintah, agar petani dapat diupgrade pengetahunnya untuk bisa meningkatkan hasil pertanian,” ungkap Hernawan. (320)