Tundukkan Reading 3-1, Tottenham Geser Chelsea

spursTottenham Hotspur membuka tahun 2013 dengan membawa tiga angka setelah mengalahkan tamunya, Reading 3-1. Kemenangan ini membawa Spurs naik ke urutan tiga klasemen sementara dengan menggeser Chelsea.

Pasukan Andre Villas-Boas ini memiliki 39 poin hasil 21 pertandingan. Namun posisi mereka bisa berubah karena Chelsea baru akan melakoni laganya pada Rabu (2/1) melawan Queens Park Rangers plus masih punya satu pertandingan sisa.   Sementara itu, kekalahan ini Reading masih tenggelam di zona degradasi dengan menempati posisi 19 dan perolehan 13 poin.

Bertanding di White Hart Lane, Selasa (1/1/2013) malam WIB, Spurs tidak diperkuat pemain andalannya, Gareth Bale, yang absen karena akumulasi kartu kuning.

Reading mengejutkan dengan menciptakan gol cepat di menit keempat lewat Pavel Pogrebnyak. Di menit 10, Michael Dawson sukses menyamakan skor menjadi 1-1 dan Emmanuel Adebayor membalikkan keadaan di menit 51.

Clint Dempsey, yang tak kurang dari tiga menit setelah dimasukkan langsung memberikan dampak dengan menciptakan gol ketiga Tottenham di menit 79.

Reading mengejutkan Tottenham. Di menit keempat tim tamu memimpin 1-0 melalui Pavel Pogrebnyak. Dari tendangan bebas Ian Harte yang membentur mistar, bola muntah Pogrebnyak dengan tandukan dari jarak dekat.

Serangan balasan dari Spurs. Tiga menit berselang, Jermain Defoe menemui Aaron Lennon yang disambut dengan umpan silang. Namun, sundulan Emmanuele Adebayor melebar.

Gol! Tottenham menyamakan skor menjadi 1-1 dari Reading. Sang kapten Michael Dawson muncul, menyambut bola sepak pojok Gylfi Sidgursson dengan sundulannya dan sukses membobol gawang Reading.

Peluang Spurs dari Moussa Dembele. Di menit ke-20, Dembele menusuk ke jantung pertahanan Reading namun tembakan kerasnya masih belum tepat sasaran.

Defoe! Mengecoh dua pemain lawan sebelum melakukan tendangan keras ke arah tiang jauh dan melenceng padahal kiper Adam Federici sudah mati langkah.

Tottenham makin trengginas pasca restart. Hanya butuh lima menit saja untuk berbalik memimpin 2-1 setelah Adebayor menggetarkan gawang Reading dengan tandukannya yang menyambut umpan silang Lennon.

Peluang lain dari tuan rumah. Kali ini giliran Lennon yang menebar ancaman. Dari kerjasama dengan Defoe dan Adebayor, tembakan mendatar Lennon dari dalam kotak penalti melebar tipis dari tiang jauh.

Tekanan terus digencarkan Tottenham. Defoe mencoba menambah keunggulan timnya tapi tendangannya dari kotak penalti hasil operan Lennon belum juga tepat sasaran.

Kendati di bawah tekanan Spurs, Reading tetap mampu mengancam. Sayangnya, upaya Jimmy Kebe di muka gawang bisa dihadang Kyle Walker untuk memaksakan sepak pojok.  Reading melewatkan peluang emas. Di dalam kotak, sundulan Alex Pearce dari jarak dekat justru melebar.

Gol! Tottenham memimpin 3-1. Pemain pengganti Clint Dempsey menambah keunggulan tuan rumah setelah tendangan spekulasinya dari jarak jauh sukses berujung gol.

Satu menit menjelang waktu normal pertandingan berakhir, Scott Parker hampir saja memperbesar skor Tottenham. Tendangan Parker dari jarak jauh bisa diselamatkan Federici.(**)

Susunan Pemain

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Walker, Dawson, Vertonghen, Naughton, Sandro, Dembele (Parker 67), Lennon, Sigurdsson (Dempsey 76); Adebayor (Livermore 87), Defoe

READING: Federici; Gunter, Harte, Mariappa, Pearce; Karacan (Robson-Kanu 58), Leigertwood, Kebe, McAnuff; Guthrie, Pogrebnyak (Hunt 83)