BMKG Keluarkan Peringatan, Pengunjung Pantai Harus Waspada

foto peta pulau enggano.
foto peta pulau enggano.

BENGKULU, BE – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bengkulu melalui Stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Soekarno mengeluarkan peringatan dini mengenai tingginya gelombang laut di perairan Provinsi Bengkulu.

Untuk diketahui, tinggi gelombang saat ini mencapai 2 hingga 3 meter di perairan laut Kota Bengkulu, Enggano dan peraitan laut Bengkulu sehingga berbahaya bila tidak diwaspadai, khususnya pengunjung pantai dan para nelayan.

Prakirawan Stasiun Meteorologi Kelas III Fatmawati Soekarno Bengkulu, Haris Syahid Hakim
mengatakan, selain gelombang tinggi, arah dan kecepatan angin di tiga wilayah tersebut juga cukup tinggi yang berhembus dari arah timur ke barat dengan kecepatan rata-rata 5 hingga 23 knots. “Kami mengimbau nelayan dan pengunjung pantai untuk selalu waspada, Sebab, gelombang di perairan Bengkulu akhir-akhir tinggi sangat tinggi dari biasanya,” ujarnya.

Menurut prakiraan BMKG, kondisi gelombang tinggi dan angin kencang tersebut terus berlangsung hingga awal bulan Januari 2016 mendatang. Bahkan berpotensi lebih kencang lagi seiring dengan telah tibanya masim penghujan.  “Tidak perlu ditakuti, namun wajib untuk selalu waspada agar tidak terjadi hal-hal diluar keinginan,” ujarnya mengingatkan. (400)