250 Waria Meriahkan HUT Arga Makmur

ARGA MAKMUR, BE– Ada yang berbeda dengan perayaan hari ulang tahun (HUT) Arga Makmur tahun ini. Perayaan HUT ibukota Kabupaten Bengkulu Utara yang ke-36 itu diwarnai dengan kontes waria. Mulai dari adu tarik suara lagu dangdut hingga adu joget dangdut.

Koordinator kontes waria, Kalman Darmawi MSi menjelaskan event ini memang kali pertama digelar sepanjang perayaan HUT Arga Makmur. Ini dilakukan untuk menyalurkan hobi dan bakat para waria yang ada di Provinsi Bengkulu. Selama ini keberadaan waria masih dipandang sebelah mata.

Ternyata mereka memiliki bakat cukup bagus dalam bidang kesenian. “Kita ingin memberikan warna berbeda dalam perayaan HUT Arga Makmur tahun ini,” ucapnya.

Tak disangka antusias kontes ini luar biasa. Sedikitnya 250 waria dari seluruh daerah di Provinsi Bengkulu ikut ambil bagian dalam kompetisi itu.

“Khusus dari tuan rumah (Bengkulu Utara) 57 orang.  Kontes ini memperebutkan trophy dan uang pembinaan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Utara,” terangnya.

Salah satu kontestan, Mia asal Muara Aman Kabupaten Lebong mengaku tertarik dengan kontes tersebut. Ia tak datang sendiri dari Kabupaten Lebong. Ada total 20 waria asal Lebong yang ikut bertarung di kontes itu. “Sangat bagus event ini, setidaknya kaum waria mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah,” imbuh Mia. (117)