25 Persen Warga Mukomuko Miskin

MUKOMUKO, BE – Jumlah penduduk Kabupaten Mukomuko sekitar 187 ribu jiwa sekitar 25 % dikategorikan miskin. Meskipun banyak warga miskin, kabupaten ini sejak beberapa tahun lalu menolak bantuan dari pemerintah pusat yakni program beras miskin (Raskin). ” Meskipun 25 % warga masuk kategori miskin,  kami tidak malu.

Hal itu dijadikan tantangan untuk merubah dan mengentaskan kemiskinan yang terjadi, ” ucap Bupati Mukomuko Drs H Ichwan Yunus CPA MM.

Diungkapkanya, penetapan angka kemiskinan yang cukup tinggi itu bukan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), melainkan data dari pemerintah daerah.

” Kalau data BPS, jumlahnya hanya 18 %. Namun Pemkab menetapkan  25 %. Salah satu indikatornya pendapatan atau gaji warganya minimal Rp 1,5 juta/ bulan,” jelasnya.

Kaitannya dengan penolakan Raskin dari pemerintah pusat, bupati menegaskan jika menerima bantuan itu menjadikan warga malas. Situasi ini yang tidak diinginkan pemerintah daerah yang melakukan pembenahan perekonomian masyarakat.

”  Jika terus-terusan mendapat bantuan pemerintah warga tidak bisa mandiri karena hanya mengandalkan bantuan, ” tukas Ichwan. (900)