25.135 Hewan Berpotensi Rabies

CURUP, BE – Hewan Potensi Rabies (HPR) di Kabupaten Rejang Lebong mencapai 25.135 ekor, yang terdiri dari anjing liar, kucing dan kera.  Jumlah tersebut membuat kabupaten RL menjadi daerah kedua di Provinsi Bengkulu menjadi ancaman rabies.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Kabupaten RL Ir Amrul Eby mengatakan, untuk meminimalisir bahanya penyebaran rabies pihaknya hingga akhir Desember 2012 akan menggelarkan kegiatan yang dinamakan gebyar rabies.

“Tahun 2012 ini kita sudah mengurangi jumlah HPR dengan telah melakukan vaksinasi terhadap 9 ribu hewan HPR, dan ratusan anjing yang dimusnahkan melalui kegiatan eliminasi anjing liar,” terang Eby.
Menurutnya, eliminasi anjing merupakan pilihan terakhir yang di terapkan di Dinas Peternakan melalui pusat pemberantasan penyakit rabies.

  Eby mengaku, selain telah memberikan vaksinasi pada hewan rawan terkena rabies, saat ini stok persediaan vaksinasi tahun 2012 ini masih ada sekitar 12 ribu vaksin.

“Kita minta peran aktif masyarakat desa untuk memberikan vaksin pada hewan peliharaanya, dan saat ini stok masih ada 12.000 buah vaksinasi yang bisa dipergunakan untuk hewan peliharaan masyarakat,” akunya.

Di bagian lain, Eby mengakui angkat rabies melalui gigitan anjing liar sempat mengalami peningkatan. Namun program rabies center yang terus muncul di masyarakat di beberapa wilayah, cukup membantu menekan angka rabies. “Hal ini tidak lepas dari bantuan Dinas Kesehatan yang juga turut membantu dalam menekan angka kasus rabies,” tutup Eby. (999)