240 Rumah Warga Dibedah

IST/Bengkulu Ekspress LAYAK: Inilah salah satu rumah warga miskin di Kecamatan Bunga Mas layak mendapat program bedah rumah.

KOTA MANNA,Bengkulu Ekspress – Kabar gembira bagi yang mendiami rumah tidak layak huni di Bengkulu Selatan (BS). Pasalnya tahun ini Pemda Bengkulu Selatan akan membedah ratusan rumah warga miskin. “ Sebanyak 240 rumah warga tidak layak huni akan kami bedah,” kata Kepala Dinas Perumahan pemukiman Bengkulu Selatan, Darmawansyah SE.

Darmawan mengatakan, dari 240 rumah tersebut, sebanyak 200 rumah anggarannnya dari pemerintah pusat dan 40 rumah dari APBD Bengkulu Selatan. Khusus dari pusat, 162 rumah untuk program Kotaku, yakni bedah rumah di kawasan perkotaan dan sisanya 38 rumah tersebar di beberapa wilayah di Bengkulu Selatan. sedangkan 40 rumah yang anggarannya dari APBD Bengkulu Selatan tersebar di 11 kecamatan dalam wilayah Bengkulu Selatan.



“ Saat ini tim masih turun ke lapangan melakukan verifikasi rumah yang layak dibedah,” ujarnya.

Darmawan menjelaskan, bedah rumah kali ini ada 3 jenis yakni bedah rumah berat, sedang dan ringan. Untuk bedah rumah berat anggarannya Rp17,5 juta, sedang anggarannya Rp 15 juta dan ringan anggarannnya Rp 10 juta. Dengan adanya program bedah rumah ini, sambung Darmawansyah, diharapkan ke depan warga yang memiliki rumah tidak layak huni semakin berkurang. “ program ini setiap tahun selalu dilaksanakan,mudah-mudahan ke depan, tidak ada lagi warga Bengkulu Selatan yang mendiami rumah tidak layak huni,” harap Darmawansyah. (369)