24 Warga Digigit Anjing

Salah satu warga mengambil obat VAR di Dinkes BS karena ada keluarganya digigit anjing, Selasa (13/2).
Salah satu warga mengambil obat VAR di Dinkes BS karena ada keluarganya digigit anjing, Selasa (13/2).

KOTA MANNA, Bengkulu Ekspress – Gigitan anjing liar di wilayah Bengkulu Selatan (BS) di awal tahun 2018 kembali marak. Pasalnya sejak Januari 2018 hingga Februari ini sudah ada 24 warga Bengkulu Selatan yang digigit anjing liar. “Sejak awal Januari hingga pertengahan Februari ini sudah ada 24 warga Bengkulu Selatan digigit anjing liar,” kata kepala Dinas Kesehatan Bengkulu Selatan, M Redhwan Arif S Sos MPHR melalui Kabid P2PL, Elva Sari SKep MSi.

Elva sapaan akrab Kabid P2PL Dinkes ini mengatakan, warga yang digigit anjing liar ini tersebar di 11 Kecamatan di Bengkulu Selatan. Namun dirinya mengaku tidak khawatir korban gigitan anjing liar ini akan terserang penyakit rabies. Pasalnya semua korban sudah diberikan suntikan vaksin anti rabies (VAR). “Semua korban sudah kami berikan vaksin anti rabies bahkan saat ini kami masih ada stok VAR untuk 70 korban lagi,” ujarnya.
Dengan maraknya korban gigitan anjing ini, dirinya mengimbau warga dapat mengkandangkan anjing peliharaannya.

Selain itu agar anjing yang liar dapat dimusnahkan sebelum menggigit warga. “Untuk anjing peliharaan harap disuntik vaksin agar tidak menyebarkan virus rabies jika menggigit warga,” harap Elva. (369)