23 Pelajar Dikirim ke NTB, Siswa Mengenal Nusantara

Sekda Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti didampingi Direktur Konsumen BTN, Budi Satria melepas 23 peserta Siswa Mengenal Nusantara (SMN) Provinsi Bengkulu ke Nusa Tenggara Barat, Selasa (13/8).

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 74, PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk mengirim 23 pelajar asal Bengkulu ke Nusa Tenggara Barat (NTB). Direktur Bank BTN, Budi Satria mengatakan, siswa tersebut akan mengikuti program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) dalam rangka mewujudkan program BUMN hadir untuk negeri, khususnya di Provinsi Bengkulu.

“Para pelajar ini akan berada di NTB dari tanggal 14-20 Agustus mendatang,” kata Budi kepada BE, usai melepas pelajar Bengkulu berangkat ke NTB di rumah wakil Guberur (Wagub) Bengkulu, kemarin (13/8).

Dijelaskan, para pelajar tersebut akan mengenal daerah NTB. Diharapkan dengan program itu, para pelajar bisa memanfaatkan kesempatan belajar dan menyerap ilmu sebaik-baiknya.

Mulai dari proses pembekalan, mengunjungi berbagai situs sejarah, situs budaya, objek wisata dan pendidikan “Bela Negara” yang akan dilaksanakan di NTB nanti.

“Nanti ada tambahan kegiatan dari tanggal 20-22 Agustus di Jakarta, untuk kegiatan bela negara,” tambahnya.

Selain kegiatan tersebut, saat di NTB para pelajar akan meninjau Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika serta mempelajari kehidupan khas Suku Sasak di Desa Ende dan Desa Sade serta situs sejarah Taman Narmada.
“Banyak pelajaran yang bisa dipetik dalam kegiatan itu,” tutur Budi.

Budi mengatakan, 23 siswa-siswi terpilih dari Bengkulu ini merupakan siswa dari kelas XI dari SMA, SMK dan dua diantaranya adalah siswa SLBN.

Para pelajar itu mengikuti seleksi yang ketat dan berhasil memenuhi kriteria sebagai siswa berprestasi.
“Pelajar ini juga berasal dari keluarga kurang mampu, memiliki kecakapan dalam bidang seni dan mudah bersosialisasi serta berbudi pekerti yang baik,” tegasnya.

Budi juga menjelaskan, tidak hanya pelajar Bengkulu ke NTB, para pelajar dari NTB juga bertukar ke Bengkulu. 23 pelajar dari NTB telah berada di Bengkulu 2-9 Agustus lalu. Berbagai kegiatan dilakukan, mulai mengunjungi Museum Bengkulu, wisata hutan Mangrove, kunjungan ke konservasi penyu dan mendapatkan pelatihan batik tulis serta melihat langsung pengolahan kopi dan teh di Kabupaten Kapahiang dan Rejang Lebong.

“Jadi saling bertukar dearah agar bisa mengenal satu sama lain,” tambah Budi.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Nopian Andusti SE MT yang hadir melakukan pelepasan pelajar itu mengatakan, para pelajar itu bisa benar-benar menjadi duta Bengkulu. Kenalkan Bengkulu ke NTB sehingga masyarakat NTB bisa lebih menenal nama Bengkulu.

“Kenali lebih dekat NTB, budayanya, sukunya dan potensi yang baik disana. Lihat lah daerah lain, karena Indonesia ini luar,” terang Nopian.

Tujuan promisi itu tidak lain, menurut Nopian, agar orang-orang NTB bisa berkunjung ke Bengkulu. Karena Bengkulu memiliki segudang potensi yang bisa dikenal lebih jauh oleh daerah-daerah lainnya.

“Beruntunglah para pelajar ini yang bisa datang ke daerah orang. Karena itu akan menjadi pengalaman kalian nanti,” pungkasnya. (151)