23 Partai Hadapi Verifikasi Faktual

CURUP, BE РSetidaknya sudah ada 23 partai politik yang mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Rejang Lebong.  Dari 46 parpol di Indonesia yang berminat menjadi peserta pemilihan umum legislatif tahun 2014 mendatang. Pada tanggal 26 November mendatang, 23 parpol akan segera menghadapi verifikasi faktual yang dilakukan KPU di kabupaten dan kota.

“Di kabupaten, partai politik calon peserta Pemilu hanya melakukan registrasi melalui tahapan verifikasi faktual. Semuanya akan ditentukan langsung oleh KPU pusat dengan pengumuman secara nasional,” terang Ketua KPU RL Halid Saifulah dijumpai wartawan di ruang kerjanya, kemarin.

Hanya saja, dalam tahap verifikasi KPU masih memberikan kesempatan nantinya kepada setiap parpol untuk melakukan perbaikan. “Tahapan seleksi parpol peserta pemilu legislatif ini cukup panjang. Hingga pengumuman yang direncanakan akhir Desember 2012,” kata Halid.

Dalam verifikasi faktual nantinya, Halid sangat berharap sejumlah politisi yang masih terangkut dualisme keanggotaan partai untuk segera menentukan pilihan. “Kita tidak ingin polisi yang bersangkutan tersandung masalah nantinya, ada yang dilaporkan entah segala macam. Kami minta untuk segera menjatuhkan pilihan terhadap partai mana yang hendak diikuti, dan mengundurkan diri secara resmi dengan partai yang ditinggalkan,” pinta Halid. (999)