23 Dewan Tak Hadiri Paripurna

Sidang paripurna yang hanya dihadiri 6 orang anggota DPRD Seluma.

TAIS,Bengkulu Ekspress – Sebanyak 23 orang anggota DPRD Seluma tidak hadir dalam sidang paripurna nota pengantar kepala daerah tentang pembahasan empat Raperda.

Penyebabnya karena Bupati Seluma hanya mengutus Sekda Seluma, Irihadi MSI. Data dihimpun, jika semulanya paripurna diagendakan jam 10.00 WIB (9/3).

Hanya saja molor hingga paripurnapun tetap dilakukan dan menskor selama 10 menit. Namun paripurna dengan agenda raperda CSR, pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah, pengelolaan aset daerah dan tentang pengaturan retribusi umum.

“Eksekutif mengutus sekda untuk paripurna, maka kita juga memilih untuk tidak hadir,” tegas Ketua Komisi III DPRD Seluma, Tenno Heika SSos kepada wartawan.

Waka II DPRD Seluma, Ulil Umidi SSos MSi kepada wartawan menerangkan, merasa kecewa kepada seluruh anggota DPRD Seluma yang tidak menghadiri Paripurna tersebut.Padahal menurut Ulil Umidi, sebagai anggota DPRD seharusnya harus memenuhi tanggung jawab terlebih dahulu.

Karena memang tugas seorang dewan tersebut adalah untuk membahas dan mengesahkan sebuah Perda.”Saya jelasnya menyayangkan hal tersebut, karena memang ini merupakan nota pengantar, seharusnya Bupati atau Wakil Bupati yang menghadiri,” sampai Wakil Ketua II DPRD Seluma, Ulil Umidi, Senin (09/03).

Ditambahkannya, jangan hanya menuntut hak saja. Namun kewajiban juga harus dipenuhi selaku anggota DPRD Seluma ini.

Mengingat dewan juga memiliki tanggung jawab kepada masyarakat Seluma.”Kalau kita menuntut hak, seharusnya kita sebagai anggota dewan juga memenuhi apa yang menjadi kewajiban. Tentu saya sangat kecewa, seharusnya kita harus kompak untuk kemajuan Seluma,” terusnya.

Lantaran tidak memenuhi quorum, maka paripurna tersebut sempat dilakukan skor selama 10 menit. Dalam waktu 10 menit tersebut, tidak ada perubahan sama sekali dan bahkan suasana ruangan paripurna semakin sepi, karena beberapa tamu undangan sudah tidak berada di ruang paripurna.

“Karena memang tidak memenuhi quorum, kita skor dengan waktu yang tidak ditentukan. Nanti kita harap, tidak hanya Sekda yang hadir, namun Bupati juga dapat menghadiri paripurna selanjutnya,” tutupnya.

Sementara itu, Sekda Seluma, Irihadi MSi menerangkan, ketidak hadiran Bupati Seluma H Bundra Jaya SH MH karena tengah berada di kementrian untuk menghadiri penandatanganan kerjasama.

Selain itu, Wakil Bupati, Suparto MSI ikut mewakili Seluma pada hari jadi Bengkulu Selatan di BS hari ini (9/3).”Bupati dan wakil bupati berhalangan hadir, sehingga saya yang diutus,”imbuhnya.(333)