23 Desa di Lebong Ajukan Pencairan

ERICK/BE
Terlihat pegawai Bidang PMD Dinas PMDS Kabupaten Lebong, sedang melayani Pemdes yang akan mengajukan DD dan ADD.

 

LEBONG,bengkuluekspress.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, sebanyak 23 desa dari total 93 desa telah mengajukan pencairan Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) tahap I tahun 2021 sebesar 40 persen.
Kepala Dinas Pemeberdayaan Masyarakat Desa dan Sosial (Kadis PMDS) Kabupaten Lebong, Reko Haryanto SSos MSi membenarkan bahwa hingga Senin (03/05) sudah ada 23 Desa yang telah mengajukan pencairan DD dan ADD tahap I.
“Dari total tersebut sebanyak 8 Desa sudah bisa melakaukan pencairan,” sampainya, Senin (03/05).

Menurutnya, saat ini DD untuk ke-8 desa saat ini sudah masuk kedalam rekening kas desa. Sementara sebanyak 15 desa saat ini masih dalam pengajuan dan dalam beberapa hari ini. Jika semua persyaratan terpenuhi, maka DD untuk ke-15 desa akan disalurkan juga.
“Syarat semuanya terpenuhi maka cepat DD ditransfer,” ujarnya.

Reko menegaskan, bahwa saat ini masih menunggu Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari Badan Keuangan Daerah (BKD) Kabupaten Lebong. Setelah itu, maka ADD akan disalurkan kepada desa yang telah melakukan pengajuan.
“Yang ditransfer masih DD, untuk ADD masih menunggu SP2D,” jelasnya.

Masih banyaknya desa yang saat ini belum mengajukan, Reko meyakini bahwa dalam beberapa hari kedepan sebelum libur hari raya Idul Fitri. Kemungkinan besar desa akan terus mengajukan untuk pencairan, karena dana yang didapat akan dipergunakan untuk keperluan desa maupun membayar gaji perangkat desa.
“Kita lihat aja beberapa hari kedepan, seperti akan terus desa melakukan pengajuan,” tuturnya.(614)