23.287 Pencaker Diprediksi Mendaftar

Foto : IST

Tes CPNS Super Ketat

BENGKULU, Bengkulu Ekspress – Kuota penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Provinsi Bengkulu tahun 2018 sebanyak 2.650 orang. Jumlah ini tidak diimbangi dengan angka pencari kerja (Pencaker) yang membludak mencapai 23.287 orang. Mereka diprediksi akan berebut kursi pegawai negara alias mengikuti tes CPNS.

Jumlah tersebut terbagi atas perempuan sejumlah 9.673 orang dan laki-laki sebanyak 13.614 orang. Kebanyakan dari jumlah pencari kerja merupakan lulusan Sarjana S1. Hal tersebut terdeteksi dari pengurusan kartu kuning yang dihimpun oleh Disnakertrans Provinsi Bengkulu.



“Tingginya jumlah pencari kerja tersebut tentu seluruhnya tidak akan mampu mendapatkan kuota CPNS yang terbatas jumlahnya, lebih lagi penerimaan CPNS paling banyak dibutuhkan adalah guru dan tenaga kesehatan,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Bengkulu, Ir Sudoto melalui Kabid Penempatan dan Perluasan Kerja, Drs Ahmad Nurdin MM, Kamis (13/9).

Seperti diketahui, kuota untuk formasi guru dibutuhkan sebanyak 1.493 orang, sementara itu, formasi tenaga kesehatan sebanyak 746 orang. Akan tetapi berdasarkan data Disnakertrans Provinsi Bengkulu, saat ini jumlah pencari kerja tamatan S1 dari Ilmu Pendidikan dan Keguruan telah mencapai 2.523 orang dan tamatan S1 dari Kesehatan mencapai 879 orang.

“Kami melihat angkanya cukup tinggi yang mencari kerja, sementara jumlah kuota sangat sedikit, belum lagi jumlah pencari kerja dari tamatan D3 yang saat ini telah mencapai 4.104 orang,” terang Ahmad.

Minimnya kuota lowongan CPNS bagi lulusan S1 dan D3 menunjukkan masih kurangnya penyerapan tenaga kerja di Bengkulu. Belum lagi pada tahun ini, penerimaan CPNS hanya boleh diikuti oleh minimal tamatan D3. Sementara jumlah pencari kerja dari tamatan SMA/SMK mencapai 8.185 orang. “Itulah yang kami sesalkan karena pada tahun ini tidak ada formasi tamatan SMA/SMK, semoga tahun depan ada,” tutupnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Dra Hj Diah Irianti MSi mengaku, pada 2018 ini, Pemerintah Provinsi memang tidak mengakomodir penerimaan CPNS untuk tamatan SMA/SMK. Akan tetapi tamatan SMA/SMK tidak boleh berkecil hati karena Kemenkumham dalam waktu dekat juga akan melakukan perekrutan penerimaan CPNS.

Sehingga kesempatan bekerja di instansi pemerintah masih terbuka lebar. “Kuota CPNS memang tidak mengakomodir tamatan SMA/SMK akan tetapi masih banyak lowongan CPNS dari instansi pemerintah lainnya seperti Kemenkum Ham,” tegas Diah.

Sementara itu, Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara, M Ridwan ST mengaku, akan terus menyiapkan tes CPNS agar jumlah pencari kerja di Indonesia khususnya di Bengkulu terserap. Akan tetapi pada 2018 ini, Pemerintah tengah fokus untuk merekrut CPNS dari tamatan dari Ilmu Pendidikan dan Keguruan serta Kesehatan.

Hal tersebut menjadi fokus pemerintah mengingat masih banyak sekolah dan fasilitas kesehatan pemerintah kekurangan tenaga. “Oleh sebab itu, kami merekrut guru dan tenaga kesehatan,” tutupnya.(999)